Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI METODE BERCERITA (Penelitian Tindakan Anak Usia 5-6 Tahun di TK As-Salam Kecamatan Purwakarta Kota Cilegon-Banten)

Noviani, Hani (2022) MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI METODE BERCERITA (Penelitian Tindakan Anak Usia 5-6 Tahun di TK As-Salam Kecamatan Purwakarta Kota Cilegon-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kecerdasan spiritual pada anak usia dini sangat penting dalam perkembangan anak. Kecerdasan spiritual dapat menumbuhkan fungsi manusiawi seseorang sehingga membuat mereka menjadi kreatif, luwes, berwawasan luas, spontan, dapat menghadapi perjuangan hidup, menghadapi kecemasan, dan kekhawatiran, serta menjadi lebih cerdas secara spiritual dalam beragama. Dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak dapat dilakukan dengan cara melakukan kegiatan bercerita, dimana anak dapat mendengarkan dan menyimak cerita yang dibacakan oleh guru sehingga anak dapat mengambil pelajaran dari cerita yang dibacakan oleh gurunya yang dapat menembangkan kecerdasan spiritual anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan, tindakan yang dirancang dalam siklus berulang, dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I sebanyak 8x tindakan, dan siklus II sebanyak 4x tindakan, dengan kriteria keberhasilan mencapai 70%. Subjek penelitian adalah 13 anak usia 5-6 Tahun di TK As-Salam Cilegon, Serang-Banten. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan adanya peningkatan kecerdasan spiritual anak, hal ini dibuktikan oleh hasil presentase kecerdasan spititual anak yaitu: 1) pada pra tindakan sebesar 29%, 2) setelah anak diberikan tindakan pada siklus I kecerdasan spiritual anak meningkat menjadi 52%, 3) pada siklus II diperoleh sebesar 87%. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan metode bercerita dapat meningkatkan kecerdasan spiritual anak usia 5-6 Tahun di TK As-Salam Cilegon, Serang-Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorATIKAH, CUCU196612271992032001
Thesis advisorKHOSIAH, SITI197812042010122001
Additional Information: Spiritual intelligence in early childhood is very important in child development. Spiritual intelligence can foster a person's human function so as to make them creative, flexible, broad-minded, spontaneous, able to face life's struggles, face anxiety and worries, and become spiritually intelligent in religion. In developing children's spiritual intelligence, it can be done by doing storytelling activities, where children can listen to and listen to stories read by the teacher so that children can take lessons from stories read by their teachers which can develop children's spiritual intelligence. The method used in this research is action research method, the action is designed in a repetitive cycle, in this study consists of 2 cycles. Cycle I as many as 8x actions, and cycle II as many as 4x actions, with the success criteria reaching 70%. The research subjects were 13 children aged 5-6 years at As-Salam Kindergarten Cilegon, Serang-Banten. Based on the results of the study, it shows an increase in children's spiritual intelligence, this is evidenced by the results of the percentage of children's spiritual intelligence, namely: 1) the pre-action is 29%, 2) after the child is given action in cycle I, the child's spiritual intelligence increases to 52%, 3) in the second cycle it was obtained 87%. So it can be concluded that the storytelling method can improve the spiritual intelligence of children aged 5-6 years at As-Salam Kindergarten Cilegon, Serang-Banten. Keywords: Spiritual intelligence, storytelling, 5-6 Years Old Children
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kecerdasan Spiritual, Bercerita, dan Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Jul 2022 15:03
Last Modified: 20 Jul 2022 15:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14609

Actions (login required)

View Item View Item