LUVITASARI FIRDAUSI, CHAERUNNISA (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
FILE TIDAK BISA DIPECAH.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penyusunan perangkat pembelajaran merupakan tahap awal dalam pembelajaran yang menguraikan secara rinci kompetensi yang akan dicapai peserta didik . Namun model pembelajaran yang digunakan belum dapat mengatasi permasalahan dalam pembelajaran kimia , salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi yaitu model Auditory Intellectually and Repetition ( AIR ) . Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan perangkat pembelajaran model AIR pada materi larutan penyangga serta untuk mengetahui angket respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik pada model AIR pada materi larutan penyangga . Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini disusun dengan mengikuti tahapan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan , yaitu analisis ( analyze ) , perancangan ( design ) , pengembangan ( develop ) , implementasi ( implement ) dan evaluasi ( evaluate ) , LKPD yang dihasilkan dalam penelitian ini diujicobakan dengan teknik sampling proportionate random sampling mendapatkan respon baik dari peserta didik dan memperoleh rata - rata 83 % yang termasuk ke dalam kriteria sangat baik
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The preparation of learning devices is the initial stage in learning that describes in detail the competencies that will be achieved by learners . However , the learning model used has not been able to solve problems in chemical learning , one of the learning models that can overcome the AIR model . The purpose of this study was to develop air model leaming devices in buffer solution material and to find out the questionnaire of learners ' response to the learner's worksheet on the AIR model on the buffer solution material . The tools developed in this research are prepared by following the stages of addie development model consisting of five stages , namely analysis ( analyze ) , design , development ( develop ) , implementation ( implement ) and evaluation ( evaluate ) . The LKPD produced in this study was tested with sampling proportionate random sampling techniques getting a good response from leamers and obtaining an average of 83 % that belonged to the criteria very well . Keywoards : learning devices , AIR , buffer solutions . ADDIE | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : perangkat pembelajaran . model AIR , larutan penyangga , ADDIE | |||||||||
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2022 11:41 | |||||||||
Last Modified: | 20 Jul 2022 11:41 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14600 |
Actions (login required)
View Item |