Angraeni, Sofi and Nugroho, Kandung Sapto and Riswanda, Riswanda (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM INDONESIA PINTAR SEKOLAH DASAR (PIP-SD) DI KOORDINATOR WILAYAH DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KECAMATAN CIKEDAL KABUPATEN PANDEGLANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
IMPLEMENTASI PROGRAM INDONESIA PINTAR SEKOLAH DASAR (PIP-SD) DI KOORDINATOR WILAYAH DINAS PENDIDI - Copy.pdf Download (5MB) |
Abstract
Sofi Angraeni. 6661150040. Implementasi Program Indonesia Pintar Sekolah Dasar (PIP-SD) di Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang. Program Studi Ilmu Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen Pembimbing I Kandung Sapto Nugroho, M.Si, Pembimbing II Riswanda, Ph.D Kata Kunci : Implementasi Kebijakan Publik, PIP-SD Lokus penelitian ini adalah Implementasi Program Indonesia Pintar Sekolah Dasar (PIP-SD) di Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tidak tepatnya sasaran program PIP, penerima dana PIP tidak memahami tujuan dari program PIP, dan waktu pencairan dana PIP tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan Implementasi Program Indonesia Pintar Sekolah Dasar (PIP-SD) di Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang. Menggunakan teori Van Metter dan Van Horn yang memuat 6 indikator yaitu Ukuran dan Tujuan Kebijakan, Sumberdaya, Karakteristik Agen Pelaksana, Hubungan Antarorganisasi, Sikap Implementor (Disposisi) dan Lingkungan Ekonomi, Sosial dan Politik (Agustino:2014: 142-144). Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel 248 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling dengan menggunakan t (test) satu sampel dengan uji pihak kanan. Hasil penelitian ini adalah 73% dan telah berjalan dengan baik. Saran yang dapat direkomendasikan untuk penelitian ini adalah jumlah dana yang diberikan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku, perlu ditambahnya sumber manusia yang ahli untuk mendukung tercapainya tujuan program, sosialisasi lebih ditingkatkan kembali agar proses pelaksanaan PIP lebih terkontrol dan termonitoring.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Sofi Angraeni. 6661150040. Implementation of Smart Indonesia Program for Elementary School (PIP-SD) in Region Coordinator of Education and Culture Agency of Cikedal District, Pandeglang Regency. Keyword: Public Policy Implementation, PIP-SD The locus of this study is the Implementation of the Smart Indonesia Primary School Program (PIP-SD) in the Regional Coordinator of the Education and Culture Office of the Cikedal District, Pandeglang Regency. The problem in this study is that the PIP program's target is not precise, the recipients of PIP funds do not understand the purpose of the PIP program, and the time for disbursement of PIP funds is not in accordance with applicable regulations. The purpose of this study was to find out the implementation of the Indonesian Smart Elementary School (PIP-SD) Implementation in the Regional Coordinator of the Education and Culture Office in Cikedal District, Pandeglang Regency. Using the theories of Van Metter and Van Horn which contain 6 indicators, namely Policy Size and Objectives, Resources, Characteristics of Implementing Agencies, Interorganizational Relations, Implementor Attitudes (Disposition) and Economic, Social and Political Environments (Agustino: 2014: 142-144). The research method used is quantitative research methods, with a total sample of 248 people. The sampling technique uses Random Sampling using the t (test) one sample with the right party test. The results of this study were 73% and have gone well. Suggestions that can be recommended for this study are the amount of funds provided must be in accordance with applicable regulations, it is necessary to add expert human resources to support the achievement of program objectives, further enhanced socialization so that the PIP implementation process is more controlled and monitored. |
Subjects: | H Social Sciences > Public Administration H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 07:48 |
Last Modified: | 09 Aug 2019 07:48 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1456 |
Actions (login required)
View Item |