Apriliani, Ersa and Winangsih, Rahmi and Prasetya, Teguh Iman (2022) POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Kasus Pada Anak Penyandang Tunarungu Yang Bersekolah Di SKH Negeri 02 Kota Serang). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
Text
SKRIPSI FULL ERSA APRILIANI ILMU KOMUNIKASI (6662180004).pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Ersa Apriliani, NIM 6662180004. Skripsi POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Kasus Pada Anak Penyandang Tunarungu Yang Bersekolah Di Skh Negeri 02 Kota Serang). Pembimbing I : Dr. Rahmi Winangsih, M.Si dan Pembimbing II : Teguh Iman Prasetya, M.Si Anak Tunarungu dapat diartikan sebagai anak yang memiliki gangguan dalam pendengarannya baik secara permanen maupun tidak yang mengakibatkan seseorang tidak dapat menangkap rangsangan terutama yang disebabkan oleh kerusakan atau tidak berfungsinya sebagian atau seluruh indera pendengaran nya, akibatnya anak tunarungu tidak bisa mendengar atau menangkap informasi ketika lawan bicaranya berbicara dengan mereka. Tidak semua orang tua mengetahui bagaimana caranya berkomunikasi dengan cara bahasa isyarat, sehingga kebanyakan orang tua berkomunikasi dengan anak tunarungu menggunakan komunikasi nonverbal yang mereka buat sendiri dengan semudah mungkin agar dapat ditiru dan dipahami oleh anak tunarungu.Komunikasi nonverbal digunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang kurang fasih berbicara dalam berkomunikasi, salah satunya yaitu penyandang tunarungu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola komunikasi yang dilakukan orang tua saat berinteraksi dengan anak tunarungu, mengetahui pemahaman orang tua terhadap bahasa isyarat yang biasanya digunakan anak tunarungu dan mengetahui hambatan yang ditemui orang tua saat menyesuaikan gaya bicara dengan anak tunarungu. Teori yang digunakan adalah teori interaksionisme simbolik oleh George Herbert Mead. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan paradigma post positivisme. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Hasil penelitian selama proses komunikasi orang tua dengan anak tunarungu menggunakan pola komunikasi primer dan orang tua menggunakan komunikasi non verbal dengan bahasa isyarat, gerak tangan dan gesture, kurangnya pemahaman penggunaan bahasa isyarat terjadi di akibatkan adanya hambatan-hambatan yang berasal dari faktor eksternal dan internal orang tua, anak dan lingkungan. Kata Kunci : Anak Tunarungu, Orang Tua, Komunikasi Non Verbal, SKH NEGERI 02 Kota Serang ABSTRACT Ersa Apriliani, NIM 6662180004. Thesis PATTERNS OF PARENTS COMMUNICATION WITH CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS (Case Study on Children with Deafness Who Go to School in Skh Negeri 02 Serang City). Advisor I : Dr. Rahmi Winangsih, M.Si and Advisor II : Teguh Iman Prasetya, M.Si Deaf children can be defined as children who have hearing impairments, either permanently or not, which results in a person not being able to capture stimuli, especially those caused by damage or malfunction of part or all of their sense of hearing, as a result, children who are deaf cannot hear or capture information when the other person is talking. talk to them. Not all parents know how to communicate by means of sign language, so most parents communicate with deaf children using nonverbal communication that they make themselves as easily as possible so that deaf children can imitate and understand. Nonverbal communication is used to communicate with people who are less fluent speaking in communication, one of which is the deaf. The purpose of this study was to determine the communication patterns used by parents when interacting with deaf children, to find out parents' understanding of the sign language usually used by deaf children and to find out the obstacles parents encountered when adjusting their speech style with deaf children. The theory used is the theory of symbolic interactionism by George Herbert Mead. This research uses descriptive qualitative research method with post positivism paradigm. Data collection techniques using in-depth interviews. The results of the study during the communication process of parents with deaf children using primary communication patterns and parents using non-verbal communication with sign language, hand gestures and gestures, the lack of understanding of the use of sign language occurs due to obstacles originating from external and internal factors of people. parents, children and the environment. Keywords: Deaf Children, Parents, Non Verbal Communication, SKH NEGERI 02 Serang City
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Perpustakaan FISIP |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 15:39 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 15:39 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14495 |
Actions (login required)
View Item |