Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL BPBD PROVINSI BANTEN DALAM MENCEGAH COVID-19 DI BANTEN

Nurazizah, Virda and Widyastuti, Nurprapti Wahyu and Nesia, Andin (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL BPBD PROVINSI BANTEN DALAM MENCEGAH COVID-19 DI BANTEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL BPBD PROVINSI BANTEN DALAM MENCEGAH COVID-19 DI BANTEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Virda Nurazizah, NIM 6662160094. Skripsi, Strategi KomunikasiPemasaran Sosial BPBD Provinsi Banten Dalam Mencegah COVID-19 Di Banten, Pembimbing I : Dr. Nurprapti Wahyu Widyastuti W., M.Si dan Pembimbing II : Andin Nesia, M.I.Kom Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya wabah pandemic COVID-19 yang melanda dunia pada akhir tahun 2019. Pandemic yang terus berlangsung dan menambah banyak kasus baru ini perlu ditangani dengan serius agar dapat memutus rantai penyebaran virus. BPBD Provinsi Banten merupakan salah satu Badan Pemerintah yang melakukan upaya penanggulangan virus corona dengan kampanye sosial terkait edukasi pencegahan COVID-19 kepada masyarakat khususnya untuk masyarakat Banten.Tujuan penelitian yaitu mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran sosial BPBD Provinsi Banten dalam kegiatan pecegahan COVID-19. Penelitian ini menggunakan konsep pemasaran sosial dari Kotler dan Roberto yang didalamnya terdapat tahapan sebagai berikut; menganalisis lingkungan pasar, memilih target adopter, mendesain tujuan strategi, perencanaan program, pengorganisasian dan implementasi program, pelaksanaan pengawasan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desktiptif kualitatif pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menujukan bahwa strategi komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan BPBD Provinsi Banten memilih target adopter dan segmentasi pasar yaitu semua lapisan masyarakat tidak terbatas pada usia jenis kelamin, latar belakang sosial ekonomi maupun profesi. Strategi promosi menggunakan media sosial Instagram, facebook dan twitter, dan media massa website, surat kabar, televisi dan radio. Kegiatan berjalan melalui tahapan konsep pemasaran sosial mulai dari perencaaan, persiapan, implementasi hingga melakukan evaluasi setiap kegiatan telah berlangsung sehingga kampanye pemasaran sosial ini dapat berjalan dengan efektif. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pemasaran Sosial, Pencegahan COVID-19   ABSTRACT Virda Nurazizah, NIM 6662160094. Thesis, Social Marketing Communication Strategy of Banten Province Regional Disaster Management Agency (BPBD) in Preventing COVID-19 in Banten, Advisor I : Dr. Nurprapti Wahyu Widyastuti W., M.Si and Advisor II : Andin Nesia, M.I.Kom This research was motivated by the outbreak of the COVID-19 pandemic that hit the world at the end of 2019. The ongoing pandemic and adding many new cases needed to be handled seriously in order to break the chain of virus spread. BPBD Banten Province is one of the government agencies that carry out efforts to overcome the corona virus with social campaigns related to COVID-19 prevention education to the public, especially for the people of Banten.The purpose of the study was to find out how the social marketing communication strategy of BPBD Banten Province in COVID-19 prevention activities. This study uses the social marketing concept of Kotler and Roberto in which there are the following stages; analyzing the market environment, selecting target adopters, designing strategic objectives, planning programs, organizing and implementing programs, implementing monitoring and evaluation. This research uses descriptive qualitative research methods to collect data through interviews, observations and document studies.The results of this study indicate that the social marketing communication strategy carried out by BPBD Banten Province selects target adopters and market segmentation, namely all levels of society, not limited to age, gender, socio-economic background and profession. The promotion strategy uses social media Instagram, Facebook and Twitter, and mass media websites, newspapers, television and radio. The activity goes through the stages of the social marketing concept starting from planning, preparation, implementation to evaluating each activity that has taken place so that this social marketing campaign can run effectively. Keywords: Communication Strategy, Social Marketing, COVID-19 Prevention

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 19 Jul 2024 15:37
Last Modified: 19 Jul 2024 15:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14441

Actions (login required)

View Item View Item