Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGUATAN KELEMBAGAAN KOTA LAYAK ANAK (KLA) DI KOTA SERANG

Saldi, Pradita and Listyaningsih, Listyaningsih and Dirlanudin, Dirlanudin (2019) PENGUATAN KELEMBAGAAN KOTA LAYAK ANAK (KLA) DI KOTA SERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text
Skripsi Pradita Saldi - Copy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pradita Saldi. 6661150074. Penguatan Kelembagaan Kota Layak Anak (KLA) di Kota Serang. Program Studi Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dosen Pembimbing I: Listyaningsih, M.Si. Dosen Pembimbing II: Dr. Dirlanudin, M.Si. Pelaksanaan Kota Layak Anak merupakan upaya pemenuhan hak anak yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah. Masih adanya hambatan dalam pelaksanaan dilihat dari kelembagaan yang melaksanakannya belum memiliki komitmen dari sumberdaya yang ada dan kerjasama yang aktif belum terbangun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penguatan kelembagaan yang sudah dilakukan dalam Kota Layak Anak di Kota Serang. Penelitian ini menggunakan teori pembangunan lembaga oleh Milton J. Esman dalam Eaton (1986). Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa upaya untuk memperkuat lembaga pemerintah, masyarakat dan dunia usaha agar proaktif dalam memenuhi hak anak yang dilakukan melalui sosialisasi, fasilitasi sumberdaya ketenagaan, anggaran maupun sarana prasarana telah dipenuhi, meskipun pada pelaksanaannya komitmen terhadap pemenuhan hak anak belum sepenuhnya optimal. Saran yang dapat diberikan yaitu meningkatkan komunikasi yang lebih intensif dan sinkronisasi duduk bersama menyamakan pandangan tentang urgensi atas pemennuhan hak anak. Kata Kunci: Pembangunan Lembaga, Penguatan Kelembagaan, Program Kota Layak Anak

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Pradita Saldi. 6661150074. Institutional Strengthening of Child-Friendly Ciiy (KLA) in Serang City. Public Administration Program. Faculty of Social Science and Political Science. The 1st advisor: Listyaningsih, M.Sc. 2nd advisor: Dr. Dirlanudin, M.Sc. The implementation of Child Friendly City is an effort to fulfill children's rights that must be done by local government. There were obstacles in the implementation of the institutional view that does not have a commitment from the existing resources and active cooperation has not been established. This research aims to determine the institutional strengthening efforts that have been conducted in the Child Friendly City in Serang City. The study used the Institute's development theory by Milton J. Esman in Eaton (1986). The method that used was descriptive with a qualitative approach. The techniques of data collection used interviews, observations and documentation. The data analysis used the Miles and Huberman’s model. The results showed that efforts to strengthen government institutions, the public and the business world to be proactive in fulfilling the rights of children through socialization, labor resources facilitation, budget and infrastructure have been fulfilled, although the implementation of commitment to the fulfillment of children's rights is not fully optimized. The advice that can be given is to improve the communication more intensive and the synchronization sits together with a view on the urgency of the child's rights. Keywords: Child-Friendly City program, Institution Building, Institutional Strengthening
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 01 Aug 2019 07:46
Last Modified: 01 Aug 2019 07:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1444

Actions (login required)

View Item View Item