Lutfiah, Lutfiah and dimyati, idi and Nurjuman, Husnan (2022) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DI INSTAGRAM TERHADAP BRAND AWARENESS SOCIOLLA (Survei Pada Followers Akun Instagram @sociolla). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
Text
SKRIPSI _LUTFIAH_6662160052.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Lutfiah. NIM 6662160052. SKRIPSI. Pengaruh Social Media Marketing di Instagram Terhadap Brand Awareness Sociolla (Survei Terhadap Followers Akun Instagram @sociolla). Pembimbing I: Dr. Idi Dimyati, M.Ikom. dan Pembimbing II: Husnan Nurjuman S.Ag., M.Si. Di era serba digital saat ini, segala bentuk transaksi sudah beralih menjadi transaksi digital mulai dari perbankan hingga transaksi jual beli. Salah satu strategi yang digunakan dan menjadi bagian dari transaksi jual beli secara digital atau online adalah dengan menawarkan dan mempromosikannya melalui media sosial seperti Instagram yang memiliki jutaan pengguna, khususnya di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial marketing di Instagram Sociolla dengan indikator Entertainment, Interaction, Trendiness, Customization dan Word of Mouth terhadap brand awareness pada followers @sociolla. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori SOR. Teori ini menjelaskan tentang bagaimana suatu pesan yang ditujukan pada khalayak dapat mengubah perilaku khalayak tersebut, dimana di dalam prosesnya terdapat proses pembelajaran oleh khalayak sehingga membuat khalayak bersedia untuk mengubah sikap dan perilakunya. Metode yang digunakan adalah metode survei dan memperoleh data melalui kuesioner yang disebar pada 100 akun Instagram yang menjadi bagian dari followes @Sociolla. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing memberikan pengaruh yang positif terhadap brand awareness dengan presentase sebesar 60,21% dan sisanya 39,79% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata kunci: media sosial marketing, brand awareness, Sociolla, teori SOR, Instagram ABSTRACT Lutfiah. NIM 6662160052. THESIS. The Influence of Social Media Marketing on Instagram Towards Brand Awareness of Sociolla (Survey on Followers of @sociolla’s Instagram account). Advisor I: Dr. Idi Dimyati, M.Ikom.and Advisor II: Husnan Nurjuman S.Ag., M.Si. In this all-digital era nowadays,all forms of transactions have turned into digital transactions,starting from banking transactionto purchasing transaction. One of the strategy that usedand become a part of digital/online purchasing transaction is to offer and promote on Instagram which has millions of users, especially in Indonesia. The purpose of this research is to find out how is the influence of social media marketing on Sociolla’s Instagram accountwith these indicators of SMM: Entertainment, Interaction, Trendiness, Customization and Word of Mouth towards brand awareness of @sociolla followers. The theory that used in this research is SOR Theory. This theory explains how a message aimed at the audience can change the behavior of the audience,in the process itself there is a learning process by the audience so that the audience is willing to change their attitudes and behavior. The method used was a survey method and all datas obtained through a questionnaire distributed to 100 Instagram accounts that are part of the @Sociolla followers. The results showed that Social Media Marketing had a positive influence on brand awareness with a percentage of 60.21% and the remaining 39.79% was influenced by other factors that were not discussed in this study. Keywords: Social Media Marketing, Brand Awareness, Sociolla, SOR Theory, Instagram
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Perpustakaan FISIP |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 15:32 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 15:32 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14400 |
Actions (login required)
View Item |