Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PROMOSI DAN PELAYANAN PRIMA HOTEL HORISON BEKASI TERHADAP JUMLAH PENGUNJUNG (Studi Korelasi pada pengunjung Hotel Horison Bekasi)

Nur, Arfindy Sri and Sihabudin, Ahmad and Yuliana, Nina (2010) PENGARUH PROMOSI DAN PELAYANAN PRIMA HOTEL HORISON BEKASI TERHADAP JUMLAH PENGUNJUNG (Studi Korelasi pada pengunjung Hotel Horison Bekasi). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM Arfindy Sri Nur-061586.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

ARFINDY SRI NUR. 061586. PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI. Pengaruh Promosi dan Pelayanan Prima terhadap Jumlah Pengunjung Hotel Horison Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Promosi dan Pelayanan prima Hotel Horison Bekasi. Penulis mengangkat Hotel Horison Bekasi menjadi penelitian, yakni pengamatan kondisi lapangan dan menurut karyawan Horison, bahwa sebagian masyarakat berpendapat bahwa Hotel Horison Bekasi adalah hotel yang sudah lama dan memiliki fasilitas kamar dan ruangan lain yang masih terkesan kuno/lama. Oleh karena itu hotel ini perlu memikirkan taktik agar hotel ini dapat tetap mempertahankan eksistensinya. Dengan mengadakan komunikasi pemasaran, adanya promosi diduga salah satu faktor dalam memberikan informasi agar menarik pengunjung. Setelah pengunjung tertarik untuk menggunakan jasa hotel, maka hotel pun turut pula memberikan pelayanan prima agar pengunjung merasa senang dan puas. Sehingga diduga juga akan memberikan efek atau dampak peningkatan pada jumlah pengunjung. Teori yang digunakan adalah teori SMCRE yaitu Source, Message, Channel, Receiver, Effect. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Dengan proses pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah Accidental Sampling, yaitu siapa saja yang bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data dan sampel diperoleh sebanyak 75 orang. Untuk pengolahan data, peneliti menggunakan aplikasi statistik SPSS versi 17,00. Setelah melalui proses penelitian output statistik SPSS, maka dapat diketahui interpretasi koefisien dikorelasikan kuat sebesar 0,725. Kemudian, antara promosi, pelayanan dan jumlah pengunjung memiliki pengaruh sebesar 0,526 yang artinya pengaruh promosi dan pelayanan prima hotel Horison Bekasi terhadap jumlah pengunjung sebesar 52,6% dan sisanya sebesar 47,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: ARFINDY SRI NUR. 061586. The influence of promotion and service of excellence towards the number of visitors in Horison Hotel Bekasi. PUBLIC RELATIONS CONCENTRATION. DEPARTEMENT OF COMMUNICATION STUDIES. FACULTY OF SOCIAL and POLITICAL SCIENCES. The purpose of this research is to look for the influence of promotion and service of excellence in Horison Hotel Bekasi. Writer chine Horison Hotel Bekasi as a locus of research, hence its field condition monitorin and according to Horison’s employee, some people think that Horison Hotel Bekasi is an old Hotel and has a room facility and the other rooms which seem old. This hotel has to think for tactic in order this Hotel can keep it’s existance. In holding marketing communication, promotion is estimated as one of the factors in giving the information to get the visitors. After they atracted to use the hotel’s service, so the hotel also gives it is service of excellence in order the visitor feel happy and satisfy. So that, it is estimated that it also gives an affector increasing impact in number of visitor. The theory which is used is SMCRE theory. They are Source,Message, Channel, Receiver, Effect. The research method which is used in this research is survey method. With the data collecting process is using questionnaires, interview, and documentation. The sampling technique which is used is Accidental Sampling, it means that everyone who meet with the researcher can be the sample if it seems that the people whom the researcher meet is fit as a data source and samples got 75 visitor Horison hotel Bekasi. For the data processing, researcheris using SPSS 17,00 version statistic aplication. After passing the SPSS output statistic researcher process, so it got it is coeffisient interpretation which is strong correlated about 0,725. And then, between promotion, servive, and the number of visitor have an influence about 0,526 it means that the influence of promotion and service of excellence to the number of visitor in Horison Hotel Bekasi is about 52,6% and the rest is about 47,4 % is influence by another factor.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 07 Feb 2013 06:53
Last Modified: 15 May 2013 03:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item