Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PELAYANAN JASA PT.ASDP INDONESIA FERRY DALAM MEMBENTUK CITRA DIMATA PELANGGAN

Apriliani, Ajeng Dwi and Sihabudin, Ahmad and Mukhroman, Iman (2011) PELAYANAN JASA PT.ASDP INDONESIA FERRY DALAM MEMBENTUK CITRA DIMATA PELANGGAN. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM AJENG DWI APRILIANI 072991.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelayanan Jasa PT ASDP Indonesia Ferry dalam membentuk Citra dimata Pelanggan, Ajeng Dwi Apriliani, 072991, Program study Ilmu Komunikasi, Fakultas ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, 2011 Kata kunci; Pelayanan Jasa, Citra di mata Pelanggan. Pelayanan adalah sebuah proses pemenuhan kebutuhan yang diberikan oleh sekelompok orang tertentu, organisasi, lembaga, atau entitas bisnis melalui aktifitas langsung dalam meraih tujuan tertentu. Pelayanan dapat berupa barang dan jasa atau keduanya. Sementra itu citra adalah persepsi atau respon sekelompok orang atau individu terhadap objek tertentu yang dilihat atau pelayanan yang mereka dapatkan. Citra juga dapat berupa kepercayaan individual terhadap suatu barang dan jasa. Dalam penelitian ini penulis meneliti PT ASDP Indonesia Ferry untuk mengetahui faktor faktor apa yang memberikan pengaruh besar terhadap PT ASDP Indonesia Ferry dan faktor apa yang mempengaruhi aktifitas pelayanan mereka dan citra atau respon pelanggan terhadap mereka. Pada kenyataannya, pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry sangat berkaitan dengan faktor faktor tertentu atau kendala kendala yang selama ini mereka hadapi seperti kurangnya sarana dan prasarana untuk mendukung dan menjalankan operasional dan pelayanan mereka. PT ASDP tidak memiliki cukup fasilitas untuk menunjang kerja mereka dengan baik jadi hal ini dapat menjadi perbandingan yang tak seimbang dalam memenuhi atau melayani kebutuhan pelanggan yang besar. Mereka juga tidak memiliki kepastian waktu pelayanan dan ketersediaan sumber daya yang masih kurang. Hal ini akan mempengaruhi PT ASDP secara signifikan dalam memperoleh citra yang baik dimata pelanggan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survey dengan populasi subjek penelitian sebanyak 4.878 pelanggan selama bulan juli. 98 respondent dari jumlah populasi tersebut digunakan sebagai sample yang dihitung dengan rumus Yamane. Sampling data yang digunakan adalah accidental sampling. Sementara itu analisis yang dilakukan penulis adalah analisis data korelasi. Hasil penelitian ini memilki pertalian dengan faktor faktor yang disebutkan diatas secara signifikan pada nilai 0.4594 berdasarkan perhitungan dengan menggunakan SPSS 16. Hasil ini juga menunjukan 65.3% respondent menyatakan bahwa citra dan pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry hingga saat ini cukup baik. Ini menunjukan bahwa terdapat pertalian signifikan antara pelayanan dan citra dimata pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis ingin memberi saran kepada PT ASDP Indonesia Ferry agar mereka dapat memiliki citra yang baik yaitu mereka harus selalu inovatif dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dan menempatkan kepentingan pelanggan sebagai prioritas utama dengan melakukan pendekatan persuasive dan professional dengan standar tinggi dalam tiap aktifitas dan pelayanan yang diberikan hingga pelanggan dapat dilayani dengan lebih baik dan nyaman.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: The Service delivery in ASDP Indonesia Ferry. PT, in creating a Good Image in the eyes of the customer. Ajeng Dewi Apriliany (072991). Communication science Program Study, Sosial and Political Science Faculty, Sultan Ageng Tirtayasa University, Serang 2011 Key words ; service delivery, image in the eyes of the customer A service is a process of necessity fulfillment given by certain people, organization, institution, or business entity through direct activity in achieving specific goals. It can be either goods or service itself or both. Meanwhile an image is perception or response of people or individual upon certain object that has been seen or service that they get. An image is also an individual trust on goods or service. In this research the author investigated ASDP Indonesia Ferry, PT, to identify what factors that have given greater influences to them or what factors that affect the service activity performed by ASDP Indonesia Ferry, PT and the image or response of their customers. In fact, the service of ASDP Indonesia Ferry, PT, is closely related with certain factors or obstacles that they have been facing such as lacking of facilities and infrastructures to support and carry out their operation and services. ASDP Indonesia Ferry, PT, has no sufficient facility to support the operation so this will mismatch with their customer considerable needs. Also, they have no specific time of service and lack of human resources availability. These will affect ASDP Indonesia Ferry, PT, significantly in order to have a good image in the eyes of their customer. In this research the author used a survey method with subject of research population were 4.878 customers during a month of July. Ninety eight of those were used as sample calculated based on Yamane formula. The data sampling used was accidental sampling. Meanwhile the analysis performed by the author was correlation data analysis. The result is associated with factors mentioned above very significantly with the rate at 0.4594 based on the calculation using SPSS 16. It also suggests that 65.3 % respondents claimed that the service or image of ASDP Indonesia Ferry, PT so far is fairly good. It shows that there is significant association between service and image in the eyes of the customers. Based on the result, the author would like to give some suggestions to ASDP Indonesia Ferry, PT that in order them to have a good image, ASDP Indonesia Ferry, PT should always be innovative on how they can give a better service to the customers and place the interest of customers as a top priority by performing persuasive and professional approach using a highest standard in each activity and service they deliver so that the customer will be served with a good service and comfort at its best.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 07 Feb 2013 06:38
Last Modified: 15 May 2013 03:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/140

Actions (login required)

View Item View Item