Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Cilegon)

WIDIYANTI, NITA (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Cilegon). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (42MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis adalah Model Kooperatif tipe (TAI) dengan menggunakan LKS Berbasis Open-Ended Problemdengan alasan lebih sistematis dan siswa dapat mengungkapkan kemampuan yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, peningkatan kemampuan siswa berdasarkan tingkatan kemampuan tinggi, sedang dan rendah serta mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe (TAI) dengan menggunakan LKS Berbasis Open- Ended Problem. Sampel yang dipakai dua kelas, untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol, di SMP Negeri 4 Cilegon pada tahun ajaran 2013/2014. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan metode yang digunakan kuasi eksperimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok nonequivalen control group. Berdasarkan hasil analisis data, peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe (TAI) dengan menggunakan LKS Berbasis Open-Ended Problem lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Siswa berkemampuan sedang dan rendah yang mendapatkan pembelajaran Model Kooperatif Tipe (TAI) dengan menggunakan LKS Berbasis Open-Ended Problem lebih baik dari siswa berkemampuan sedang dan rendah yang menggunakan pembelajaran ekspositori, sedangkan untuk kemampuan tinggi tidak terlalu signifikan peningkatannya. Sikap siswa terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TAI) dengan menggunakan LKS Berbasis Open-Ended Problem dalam kategori kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMarethi, Indiana197903312005012001
Thesis advisorSudiana, Ria198101202008121001
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), LKS Open- Ended Problem, Pemahaman Konsep Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Apr 2022 14:28
Last Modified: 27 Apr 2022 14:28
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13800

Actions (login required)

View Item View Item