Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN PADA KLINIK KRAKATAU MEDIKA HEALTHCARE SERANG

Agri Anugrah, Tb. (2014) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN PADA KLINIK KRAKATAU MEDIKA HEALTHCARE SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN PADA KLINIK KRAKATAU MEDIKA HEAL~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (3MB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of Service Quality on Patient Loyalty outpatient clinic Krakatau Medika HealthCare Serang, Patient Satisfaction to Patient Loyalty outpatient clinic Krakatau Medika HealthCare Serang, Quality Care and Patient Satisfaction on Patient Loyalty outpatient clinic Krakatau Medika HealthCare Serang. In this study the method used descriptive method is a method that seeks to collect, present and analyze the data so that it can provide a fairly clear picture of the object under study, while the design of the study is to the analyze the design of a casual relationship. The relationship between the variable with the variable other. From the calculation of SPSS V19 multiple correlation analysis obtained R=0.763, then the variable Quality Care and Patient Satisfaction moderate influence on Patient Loyalty. While the magnitude of the coefficient of determination of R2=0. 582 means that the variable is affected by the Patient Loyalty and Quality Care, Patient Satisfaction, while the remaining 41,8% is explained by other variables outside research. Conducted research hypothesis turned out to support and prove the hypothesis that there is a significant impact of Quality Care on Patient Loyalty at outpatient clinic Krakatau Medika HealthCare Serang is true and then there is a significant influence on Patient Loyalty of Patient Satisfaction at outpatient clinic Krakatau Medika HealthCare Serang is not true. It’s based on the calculation on the t test t (count) partially on the t (table) with existing criteria tcount (8,458) > ttable (1,663) and tcount (1,636) < ttable (1,663), thus the null hypothesis is rejected and alternative hypothesis received.as well as the test result by using the simultaneuos f test and prove it also support the hypothesis that state that there is a significant effect beetween Quality Care and Patient Satisfaction for Patient Loyalty is correct, it is based on calculation of f table. With existing criteria F-count (57,835) > F-table (2,369), thus zero is rejected and accepted hypothesis alternatives. The regression equotion Y = 3,804 + 0,641X1 + 0,221X2 and after calculations using values assumtion does seem if Quality Care and Patient Satisfaction improved the results of the Patient Loyalty will increase as well.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorR. Nasution, Darlaini196604031990102001
Thesis advisorNurhayati, Enok197207312006042004
Additional Information: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien rawat jalan pada klinik Krakatau Medika HealthCare Serang, Kepuasan Pasien terhadap Loyalitas Pasien rawat jalan pada klinik Krakatau Medika HealthCare Serang, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien terhadap Loyalitas Pasien rawat jalan pada klinik Krakatau Medika HealthCare Serang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode yang berusaha mengumpulkan, menyajikan serta menganalisis data sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas pada objek yang diteliti, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah desain kausal yaitu untuk menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Dari hasil perhitungan program SPSS v19 analisis korelasi berganda didapat R=0,763, maka variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pasien memberikan pengaruh sedang terhadap loyalitas pasien. Sedangkan besarnya koefisien determinasi sebesar R2=0,582 artinya variabel loyalitas pasien dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan kepuasan pasien, sedangkan sisanya 41,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan ternyata mendukung dan membuktikan hipotesis yang menyatakan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien rawat jalan pada klinik Krakatau Medika HealthCare Serang” memang benar. Sedangkan ”Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien rawat jalan pada klinik Krakatau Medika HealthCare Serang” adalah tidak benar. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan uji t (hitung) secara parsial terhadap t (tabel), dengan kriteria yang ada thitung (8,458) > ttabel (1,663) dan thitung (1,636) < ttabel (1,663), dengan demikian hipotesis nol ditolak dan menerima hipotesis alternatif pada kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien sedangkan hipotesis nol diterima dan menolak hipotesis alternatif pada kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien. Begitu pula hasil pengujian dengan menggunakan Uji F (Simultan) ternyata juga mendukung dan membuktikan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien pada klinik Krakatau Medika HealthCare Serang.” adalah benar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji F hitung terhadap F tabel. Dengan kriteria yang ada F-hitung (57,835) > F-tabel (2,369), dengan demikian hipotesis nol ditolak dan menerima hipotesis alternatif. Dengan persamaan regresi yaitu Y = 3,804 + 0,641X1 + 0,221X2 dan setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan nilai-nilai asumsi memang tampak jika peran kualitas pelayanan dan kepuasan pasien ditingkatkan, maka hasil dari loyalitas pasien akan semakin meningkat pula pada klinik Krakatau Medika HealthCare Serang.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61201-Program Sarjana Manajemen
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Apr 2022 12:43
Last Modified: 27 Apr 2022 12:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13781

Actions (login required)

View Item View Item