Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU PADA MATA PELAJARAN TATA BUSANA TERHADAP KETERAMPILAN ANAK TUNARUNGU DI SLB SANTI RAMA JAKARTA

Hendro Saputro, Dwi (2014) PENGARUH KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU PADA MATA PELAJARAN TATA BUSANA TERHADAP KETERAMPILAN ANAK TUNARUNGU DI SLB SANTI RAMA JAKARTA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENGARUH KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU PADA MATA PELAJARAN TATA BUSANA TERHADAP KETERAMPILAN ANA2.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (4MB)

Abstract

In learning, skill learning is designed as a communication process to change the behavior of students into adroit, fast, and precise in doing or face something. The Limitations of deaf children become the main obstacle in the learning process. In this case the teacher has an important role to educate and train deaf children become skilled human. In this research, the researcher used behavioristik learning theory, the theory said study as a process of behavior change based from SR (stimulus-response) paradigm, which is a process of giving certain responses from the outside stimuli. The purpose of this research is to know how strong the effect of instructional communication on dressmaking subject for deaf children in Santi Rama special school. The research used explanative quantitative method. Based on the research results of the correlation analysis which was conducted by the researcher, between the variables X and Y show that the variable X has a positive significant relationship with the variable Y, that is 0,746. According to the guidelines of the correlation coefficient, this figure is included in strong category. SPSS 15 output result asserts that there is the positive and significant relationship between teacher instructional communication and deaf children’s skill. Based on the calculation of value t, it can be seen that the value of thitung is 10,6, while great value ttabel is 0,171. The value of 10,6 > 0,17. Therefore, it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. It means that there is a positive and significant relationship between teacher instructional communication and deaf children’s skill.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMukhroman, Iman197502022002121002
Thesis advisorAhmad, Ikhsan197312222003121001
Additional Information: Dalam pembelajaran, keterampilan dirancang sebagai proses komunikasi belajar untuk mengubah perilaku siswa menjadi cekatan, cepat, dan tepat dalam melakukan atau menghadapi sesuatu. Keterbatasan yang dimiliki anak tuna rungu menjadi kendala utama dalam proses belajar. Dalam hal ini guru mempunyai peranan yang penting untuk mendidik dan melatih anak tuna rungu menjadi manusia yang terampil. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori belajar behavioristik bahwa belajar dikatakan sebagai proses perubahan perilaku berdasakan paradigm S-R (stimulus- respons), yaitu suatu proses pemberian respons tertentu kepada stimulus yang dating dari luar. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi instruksional guru pada mata pelajaran tata busana terhadap keterampilan anak tuna rungu di SLB Santi Rama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang bersifat eksplanatif. Berdasarkan hasil penelitian analisis korelasi yang dilakukan oleh peneliti, antara variabel X dan variabel Y menunjukkan bahwa variabel X memiliki hubungan signifikan positif dengan variabel Y, yaitu sebesar 0,746. Sesuai dengan pedoman koefisien korelasi, maka angka ini termasuk ke dalam kategori kuat. Hasil output SPSS 15 menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi instruksional guru dengan keterampilan anak tuna rungu. Berdasarkan perhitungan nilai t maka dapat diketahui bahwa nilai thitung adalah 10,6, sedangkan besar nilai ttabel adalah 0,171. Nilai 10,6 > 0,171 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi instruksional guru dengan keterampilan anak tuna rungu di SLB Santi Rama.
Uncontrolled Keywords: Keywords: Effect, Instructional Communication, Skill Kata Kunci: Pengaruh, Komunikasi Instruksional, Keterampilan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Apr 2022 13:31
Last Modified: 25 Apr 2022 13:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13755

Actions (login required)

View Item View Item