Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN TEKNIK LISTRIK INSTALASI PENERANGAN DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP(LIFE SKILL) DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) PANDEGLANG

AL ANWARI, M FAHMI (2016) EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN TEKNIK LISTRIK INSTALASI PENERANGAN DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP(LIFE SKILL) DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) PANDEGLANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN TEKNIK LISTRIK,,,.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (40MB)

Abstract

M FAHMI ALANWARI (2221121570),2016 PROGRAM PELATIHAN TEKNIK LISTRIK INSTALASI PENERANGAN DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) PANDEGLANG Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1)Pengelolaan Program Pelatihan Teknik Listrik Instalasi Penerangan Dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup (Life Skill) di Balai Latihan Kerja (BLK) Pandeglang(2) Efektivitas program Pelatihan Teknik Listrik Instalasi Penerangan Dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup (Life Skill) di Balai Latihan Kerja (BLK) Pandeglang (3) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pelatihan Teknik Listrik Instalasi Penerangan Dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup (Life Skill) di Balai Latihan Kerja (BLK) Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang menyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya tentang program pelatihan tehnik listrik instalasi penerangan. Dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif harus didasarkan pada data atau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut: (1) Observasi, (2) Dokumentasi, (3) Wawancara yaitu pengamatan, pencatatan, dan mengumpulkan data-data serta faktafakta yang terjadi dengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Teknik pengolahan data dan analisis data dalam penelitian ini diantaranya menyeleksi data, mengklarifikasi data, menganalsis data, dan verifikasi atau kesimpulan. Sebagai akhir dari pembahasan ini, penulis penyampaikan simpulan, sebagai berikut: (1) Pengelolaan Program Pelatihan Teknik Listrik Instalasi penerangan ada tiga tahap pertama perencanaan ,tahap kedua implementasi, tahap ketiga evaluasi.(2)evektifitas pada program pelatihan teknik listrik instalasi penerangan ini belum maksimal karena hasil akhir yang diperoleh dari peserta pelatihan dalam meningkatkan keterampilan tehnik listrik instalasi penerangan yaitu sebesar 80 % berhasildan sisanya 20 % dikatakan tidak sesui harapan (3) Faktor pendukung dalam pelatihan teknik listrik instalasi penerangan ini yaitu Tutor/instruktur yang ahli dan berpengalaman dibidang teknik kelistrikan, Sarana dan prasarana program pelatihan tehnik listrik instalasi penerangandi Balai Latihan Kerja (BLK) pandegalang cukup memadai. Faktor penghambat , tingkat pemahaman dan daya ingat peserta pelatihan yang berbeda menjadi salah satu faktor penghambat. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perencanaan, implemntasi, dan evaluasi merupakan bagian dari program pelatihan teknik listrik instalasi penerangan dalam meningkatkan kecakapan hidup (life skill) di Balai Latihan Kerja (BLK) Pandeglang dapat dimanfaatkan sebagai bahan masukan pada program yang selanjutnya agar menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDjumena, Irwan195410081987031001
Thesis advisorNaim, Mochamad196506062002121001
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Apr 2022 23:31
Last Modified: 20 Apr 2022 23:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13662

Actions (login required)

View Item View Item