MULYASARI, SRI WAHYUNI (2016) DAMPAK PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT (PKM) MELALUI PELATIHAN KOMPUTER DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN WARGA BELAJAR DI LKP NEC (NATIONAL EDUCATION CENTER) KOTA CILEGON. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
![]() |
Text
DAMPAK PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT (PKM) MELALUI PELATIHAN KOMPUTER DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN WARGA B~1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (32MB) |
Abstract
SRI WAHYUNI MULYASARI. 2221121333. DAMPAK PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT (PKM) MELALUI PELATIHAN KOMPUTER DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN WARGA BELAJAR DI LKP NEC (NATIONAL EDUCATION CENTER) KOTA CILEGON Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Bagaimana pelaksanaan program pendidikan kewirausahaan masyarakat (PKM) melalui pelatihan komputer di LKP NEC (National education Center) Kota Cilegon (2) Bagaimana dampak program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) melalui pelatihan komputer dalam menumbuhkan kemandirian warga belajar di LKP NEC (National Education Center) Kota Cilegon (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) melalui pelatihan komputer dalam menumbuhkan kemandirian warga belajar di LKP NEC (National Education Center) Kota Cilegon. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang menyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya tentang program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) melalui pelatihan komputer. Dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif harus didasarkan pada data atau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut : (1) observasi (2) wawancara (3) studi dokumentasi, pencatatan, dan mengumpulkan data-data serta fakta-fakta yang terjadi dengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Adapun teknik pengolahan data dan analisis data dalam penelitian ini diantaranya tahap reduksi, penyajian data dan verifikasi. Sebagai akhir dari pembahasan ini, penulis menyampaikan kesimpulan, sebagai berikut : (1) pelaksanaan program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) melalui pelatihan komputer ada tiga tahap pertama yaitu perencanaan, kedua adalah pelaksanaan dan ketiga ialah evaluasi. (2) dampak program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) melalui pelatihan komputer dalam menumbuhkan kemandirian warga belajar di LKP NEC (National Education Center) kota cilegon sudah cukup positif, karena dapat menumbuhkan kemandirian warga belajar/peserta pelatihan yaitu sebesar 65% warga belajar/peserta pelatihan sudah dapat bekerja/memiliki kegiatan di masing-masing bidang, sebesar 10% berwirausaha dan sisanya 25% warga belajar/peserta pelatihan belum dapat bekerja. (3) faktor pendukung dalam pelatihan komputer ini yaitu lokasi yang strategis, motivasi peserta pelatihan tinggi, sikap tutor/instruktur yang professional, sarana dan prasarana yang memadai, dan biaya program pelatihan ini diperoleh dari pemerintah melalui bantuan sosial sepenuhnya. Dan untuk faktor penghambatnya yaitu kesadaran warga belajar/peserta untuk berwirausaha masih rendah, kurang adanya pengawasan dari tutor/instruktur pada saat pembelajaran, alat pendukung pelatihan belum mencukupi kebutuhan warga belajar/peserta, biaya tidak rutin tiap tahun diterima oleh lembaga serta untuk biaya pendampingan dan perintisan usaha oleh LKP belum ada kejelasan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Dampak, Kemandirian Warga Belajar | |||||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 20 Apr 2022 23:23 | |||||||||
Last Modified: | 20 Apr 2022 23:23 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13661 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |