Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INSTANT ASSESSMENT DALAM MENENTUKAN POKOK-POKOK ISI ARTIKEL DI KELAS XI SMAN 4 KOTA SERANG

NAWAWI, DEDE IRPAN (2015) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INSTANT ASSESSMENT DALAM MENENTUKAN POKOK-POKOK ISI ARTIKEL DI KELAS XI SMAN 4 KOTA SERANG. S1 thesis, Universitas Sultang Ageng Tirtayasa.

[img] Text
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INSTANT ASSESSMENT DALAM MENENTUKAN POKOK-POKOK ISI ARTIKEL DI KELAS XI SMAN 4 KOTA SERANG.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Dede Irpan Nawawi. 2222111216. Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Instant Assessment dalam Menentukan Pokok-Pokok Isi Artikel di Kelas XI SMAN 4 Kota Serang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Penelitain ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam memahami pokok-pokok isi artikel. Memahami pokok-pokok artikel terdapat di dalam KTSP, maka dari itu siswa diharuskan menguasai materi tersebut. Artikel begitu dekat dengan kehidupan manusia, sehingga diperlukan pemahaman yang cukup supaya artikel itu mampu diambil manfaatnya. Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimanakah kemampuan memahami pokokpokok isi artikel khususnya kemampuan siswa dalam memahami Artikel pada sebuah karangan artikel di SMA Negeri 4 Kota Serang? 2) Adakah pengaruh strategi Instant Assessment terhadap kemampuan memahami pokok-pokok isi artikel siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Serang? Strategi pembelajaran aktif instant assessment umumnya mengacu pada pembelajaran secara komperatif, aktif, dan berkelompok untuk mencari, membaca maupun menulis. Strategi pembelajaran aktif instant assessment ini melibatkan siswa untuk belajar secara aktif yang merupakan salah satu indikator keefektifan belajar, sehingga siswa tidak hanya menerima materi pengajaran saja, melainkan siswa juga dapat mengembangkan pengetahuannya sendiri dan berkelompok. Strategi pmbelajaran aktif instant assessment mampu meningkatkan hasil belajar memahami pokok-pokok isi artikel kelas XI SMA Negeri 4 Kota Serang. Hal ini ditunjukkan dari uji F diperoleh (1,11) > (1,81). Nilai mean kelompok pertama sebesar 75,22 dan rata-rata kelompok kedua sebesar 60,98.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorEdiwarman, Ediwarman196610032001121001
Thesis advisorTisnasari, Sundawati198511112010122004
Uncontrolled Keywords: Strategi Instant Assessment, artikel, Artikel.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Apr 2022 14:32
Last Modified: 20 Apr 2022 14:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13646

Actions (login required)

View Item View Item