Addawiyah, Rabiatul (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERI) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Wanajaya 02 Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL belajar siswa (2)_opt.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (34MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa dan secara garis besar adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tetang menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir dan longsor) pada kelas IV SDN Wanajaya 02 Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan media pembelajaran KOKAMI (Kotak Kartu Misteri). Banyaknya siklus ada 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan pembelajaran. Dengan demikian selama penelitian telah melaksanakan 4 kali pertemuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data aktivitas siswa pada siklus I yaitu 84, 98%. Kemudian pada siklus II yaitu 95, 13% dan telah mencapai indikator yang diharapkan yaitu 90% dari keseluruhan siswa yang mencapai kategori sangat baik. Selanjutnya pada hasil belajar siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yakni 70 pada siklus I yaitu memperoleh prosentase sebesar 77,41% dan pada siklus II memperoleh prosentase 90.3%. pada siklus II hasil belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 80% dari keseluruhan siswa. Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran KOKAMI (Kotak Kartu Misteri) pada mata pelajaran IPA tentang menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir dan longsor) pada kelas IV SDN Wanajaya 02 telah menunjukkan aktivitas siswa dan hasil belajar yang diharapkan. Simpulan peneliti bahwa dengan menggunakan media pembelajarn KOKAMI (Kotak Kartu Misteri) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Wanajaya 02
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The purpose of classroom action research (PTK) is to improve students' learning activities and broadly is to improve student learning outcomes in science neighbor describes the effect of changing the physical environment of the land (erosion, abrasion, flooding and landslides) in class IV SDN Wanajaya 02 Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat. To achieve this goal, researchers used instructional media KOKAMI (Kotak Kartu Misteri). The number of cycles there are two cycles, is cycle I and cycles II, each cycle consisting of 2 meetings of learning. Thus during the study has conducted 4 meetings of learning. The results showed that the students’ learning activities data obtained is cycles 1 to obtain a percentage of 84, 98%. Then in the second cycle in percentage 95,13%. Furthermore, the learning outcomes of students who achieve the minimum completeness criteria (KKM) of 70 in the first cycle is to obtain a percentage of 77.41% and the second cycle to obtain a percentage of 90.3%. In the second cycle student learning outcomes have achieved success indicator is 80%. Thus, the implementation of learning by using instructional media KOKAMI (Kotak Kartu Misteri) in science about explaining the effect of changes in the physical environment of the land (erosion, abrasion, flooding and landslides) in class IV SDN Wanajaya 02 has demonstrated activity and student learning outcomes expected. Conclusion researchers that by using instructional media KOKAMI (Kotak Kartu Misteri) can increase student learning activities and learning outcomes of fourth grade students of SDN 02 Wanajaya. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Media Pembelajaran KOKAMI (Kotak Kartu Misteri), IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), Hasil Belajar. | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2022 22:23 | |||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2022 10:06 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13643 |
Actions (login required)
View Item |