Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DIGITAL Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Adiluwih Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung

HARTINI, TRI (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DIGITAL Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Adiluwih Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DIGITAL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Abstract

lmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran wajib di Sekolah Dasar. Ilmu Pengetahuan Alam pada umumnya dianggap menyenangkan oleh sebagian besar siswa di Sekolah Dasar, karena mempelajari tentang apa yang ada di alam. Akan tetapi, minat belajar siswa dapat berkurang jika siswa tidak dapat melihat wujud sesuatu yang mereka pelajari dengan jelas. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan penelitian ini dengan menggunakan media gambar digital dengan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin, dimana dalam pelaksanaannya terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan pertimbangan. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan pada tiap siklusnya. Pada siklus I, persentase hasil belajar siswa sebesar 52,38% dan aktivitas siswa 42,86%. Sedangkan pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat menjadi 80,95% dan aktivitas siswa pun meningkat menjadi 76,19%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa meningkat. Dengan demikian, telah terbukti bahwa media gambar digital dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 4 Adiluwih

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHENDRACIPTA, NANA197901092005011002
Thesis advisorNULHAKIM, LUKMAN197904092007101001
Additional Information: Natural Sciences is one of the compulsory subjects in primary school. Natural Sciences generally considered unpleasant by most students in elementary school, because learning about what's in the nature. However, student interest can be reduced if the student can not see the manifestation of something they learned clearly. Therefore, researchers conducted this study using digital image media by the method of Action Research Kurt Lewin's model class, which in practice consists of: planning, action, observation and consideration. The study was conducted by two cycles consisting of 2 meetings in each cycle. In the first cycle, the percentage of student learning outcomes at 52.38% and 42.86% of student activity. While in the second cycle, student learning outcomes increased to 80.95% and the activity of students was increased to 76.19%. The results show that the learning outcomes and increase student activity. Thus, it has been proven that the digital image media can improve learning outcomes fifth grade science students of SDN 4 Adiluwih.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: media gambar digital, hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:24
Last Modified: 09 Sep 2022 09:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13635

Actions (login required)

View Item View Item