UTAMA, BUDI KURNIA (2014) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU. Master thesis, Universitas Sultang Ageng Tirtayasa.
Text
HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Budi Kurnia Utama. 7772130050. Correlations of Situational Leadership Style Principal and Teacher Work Motivation on Performance (Studies in Elementary School District of Taktakan Serang). Thesis Instructional Technology Program Education Management Concentration. Post Graduate Sultan Agung Tirtayasa University. 2014 Performance of teachers is one of determining factors in improving the quality of education. This study was aimed to determine: (1) The relationship of situational leadership style the head master performance in primary school Serang District of Taktakan; (2) The relationship work motivation and performance of teachers in public primary schools Serang District of Taktakan; and (3) Relationship of situational leadership style and work motivation and performance of teachers in public primary schools Taktakan District of Serang. This study used a population study approach correlational with teachers who have become civil servants in public primary schools in the district of Serang Taktakan 262 people, and samples were taken randomly sampling 149 people. The variables of this study consists of two independent variables, namely: situational leadership style (X1) and motivation (X2), and the dependent variable is: teacher performance (Y). Data collected by using a questionnaire. The data were collected then analyzed using the techniques of data analysis simple correlation, multiple correlation, coefficient of determination and significance test with SPSS version 20. The results showed that (1) Correlation situational leadership style variable principals (X1) with teacher performance (Y) is in either category are 0.764 (2) Correlation of work motivation (X2) with teacher performance (Y) is in a very good category , which is 0.841 (3) Correlation situational leadership style principals (X1) and motivation (X2) with excellent performance category teachers, namely 0.856; (4) Contributions variable situational leadership style principals (X1) and motivation (X2) with Performance is 0.733 or 73.3%, while 26.7% is determined by other variables which is not examined.
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Budi Kurnia Utama. 7772130050. Hubungan Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru (Studi di SD Negeri Se-Kecamatan Taktakan Kota Serang)”. Tesis Program Teknologi Pembelajaran Konsentrasi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2014. Kinerja guru merupakan salah satu faktor penentu dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Hubungan gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Taktakan Kota Serang; (2) Hubungan motivasi kerja dengan kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Taktakan Kota Serang; dan dan (3) Hubungan gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Taktakan Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi korelasional dengan populasi guru yang telah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada SD Negeri di Kecamatan Taktakan Kota Serang sebanyak 262 orang, dan sampel diambil secara random sampling sebanyak 149 orang. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel bebas yaitu: gaya kepemimpinan situasional (X1) dan motivasi kerja (X2), dan satu variabel terikat yaitu: kinerja guru (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat kuesioner. Hasil pengumpulan data selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data korelasi sederhana, korelasi ganda, uji signifikansi dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS Versi 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Korelasi variabel gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah (X1) dengan kinerja guru (Y) ada pada kategori baik yaitu 0,764 (2) Korelasi motivasi kerja (X2) dengan kinerja guru (Y) ada pada kategori sangat baik, yaitu 0,841 (3) Korelasi gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah (X1) dan motivasi kerja (X2) dengan Kinerja guru berkategori sangat baik, yaitu 0,856; (4) Kontribusi variabel gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah (X1) dan motivasi kerja (X2) dengan Kinerja adalah 0,733 atau 73,3% sedangkan 26,7% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Teacher performance, situational leadership style, motivation | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
|||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 20 Apr 2022 13:59 | |||||||||
Last Modified: | 20 Apr 2022 13:59 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13634 |
Actions (login required)
View Item |