Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Penggunaan Media Film Pendidikan pada pokok Bahasan Teknologi Komunikasi dan Transportasi Masa Lalu dan Modern Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Ciomas II Kabupaten Serang

Mulyasari, Septia (2014) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Penggunaan Media Film Pendidikan pada pokok Bahasan Teknologi Komunikasi dan Transportasi Masa Lalu dan Modern Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Ciomas II Kabupaten Serang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Penggunaan Media Film Pendidikan pada.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

This study aims to obtain empirical data on the use of the medium of film education in improving student learning activities in the subjects of fourth grade Social Studies SDN ciomas II in Communication Technology and Transport material Modern and Past. This research was conducted in SDN Ciomas II Serang regency of Banten province. As the subject is that the fourth grade students of 16 people. This research is an action research conducted two silus, ie during the month of April-May 2014.Types of data used is primary data sourced from research subjects. Namely the fourth grade students of SDN Ciomas II. Data collection techniques are observation, interview. Documentation and written tests. While the techniques of data analysis is a data presentation and conclusion, the parameters of this study is the result of learning, mastery learning. Data collection tools in the form of the test. Activities of students and teachers in the learning process is collected by observation sheet as supporting data. These results indicate an average increase student learning HSIL in cycle one and two by 73.43%, or 12 people, and at cycle 2 to 16 people, or an average of 90.31%. The mean score of students in the first cycle activities 55.00%, while 92.10% of cycle 2. The mean score of teacher activity first and second cycle was 54.70% and 95.20%. of the results of this study it can be concluded that learning with film media education can improve learning outcomes IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuparno, Suparno195510281979031001
Thesis advisorNurhasanah, Ana197410182006042009
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empirik mengenai penggunaan media film pendidikan dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SDN ciomas II pada materi Teknologi Komunikasi dan Transportasi Modern dan Masa Lalu. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciomas II kabupaten Serang Provinsi Banten. Sebagai subjeknya yaitu siswa kelas IV berjumlah 16 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dua silus, yaitu selama bulan april-mei 2014. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari subjek penelitian. Yaitu siswa kelas IV SDN CIomas II. Tehnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara. Dokumentasi dan tes tulis. Sedangkan tehnik analisis data yaitu penyajian data dan penarikan kesimpulan, parameter penelitian ini adalah hasil belajar, ketuntasan belajar. Alat pengumpulan data berupa tes. Aktifitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dikumpulkan dengan lembar observasi sebagai data penunjang. Hasil penelitian ini menunjukan rata-rata hsil belajar siswa meningkat pada siklus satu dan dua sebesar 73.43% atau 12 orang, dan pada siklus 2 menjadi 16 orang atau rata-rata 90,31%. Skor rata-rata aktifitas siswa pada siklus pertama 55.00%, sedangkan siklus 2 sebesar 92,10%. Skor ratarata aktivitas guru siklus pertama dan kedua adalah 54.70% dan 95.20%. dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media film pendidikan dapat meningkatkan hasil belajar IPS.
Uncontrolled Keywords: Social Media Learning Outcomes Students Education Film Class IV,Hasil Belajar IPS Media Film Pendidikan Siswa Kelas IV
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:24
Last Modified: 25 Apr 2022 11:56
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13631

Actions (login required)

View Item View Item