Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

TINGKAT KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (Studi Pada Guru di SDN Kubang-Laban Kota Cilegon)

FEBRIANSYAH, ARIEF (2015) TINGKAT KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (Studi Pada Guru di SDN Kubang-Laban Kota Cilegon). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
TINGKAT KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013_opt.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Kurikulum merupakan hal penting dalam dunia pendidikan. Perubahan kurikulum seiring perkembangan zaman, menghasilkan kontoversi dalam perubahan kurikulum 2013 banyak pihak yang membahas dan mengamati, tentu setiap perubahan tidak begitu saja dapat diterima oleh setiap orang, harus ada penyesuaian agar terbiasa menjalaninya. Perbedaan pendapat menunjukkan guru memegang peran penting dalam perubahan kurikulum. Faktor utama penentu keberhasilan kurikulum adalah kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan penyesuaian dan kesiapan guru dengan kurikulum dan buku teks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian kompetensi guru yang dimiliki guru SDN Kubang-Laban dan kesiapan guru dalam mendukung implementasi kurikulum 2013. Penelitin ini adalah penelitian kualitatif, dilakukan di SDN Kubang-Laban desa Panggung Rawi. Kecamatan Jombang, kota Cilegon, pada semester genap tahun ajaran 2014-2015. Sumber data dan subjek pada penelitian ini yaitu 8 guru,3 guru sebagai informan pendukung dan 5 guru sebagai informan kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi, display, penarik kesimpulan dan verifikasi data. Validitas temuan dengan cara kredibilitas, Transferabilitas, Defendabilitas, dan konfimabilitas. Hasil penelitian menunjukkan dari keseluruhan guru sudah bisa menerima perubahan kurikulum 2013, tetapi dalam pelaksanaannya hanya satu guru yang siap, dari segi Kesiapan Personal, Profesional, dan Kesiapan Sosial, ke empat lainnyapun sudah siap, tetapi belum bisa melakukan penilaian dalam pembelajaran kurikulum secara mandiri karena tidak bisa mengoprasikan PC. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi yang dimiliki guru SDN Kubang-Laban belum sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Tetapi Guru SDN Kubang-Laban sudah menunjukkan kesiapan dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawan, Adang195905171985031003
Thesis advisorRAHMAN HAKIM, ZERRI198003312010121001
Additional Information: The curriculum is important in the world of education. Curriculum changes are often the times, generating controversy in the curriculum changes in 2013 many parties to discuss and observe, any changes would not just be accepted by everyone, there should be an adjustment to get used to living it. Dissent showed the teacher plays an important role in changing the curriculum. The main factor determining the success of the curriculum is the suitability of competence of teachers and adaptation and preparedness of teachers with curriculum and textbooks. This study aimed to describe the suitability of teacher competence held by teachers SDN Kubang-Laban and readiness of teachers in supporting the implementation of the curriculum in 2013. This experiment is a qualitative research, carried out in SDN Kubang-Laban village Rawi stage. Jombang sub-district, town of Cilegon, in the second semester of the academic year 2014/2015. Sources of data and subjects in this study are 8 teachers, 3 teachers as informants supporter and 5 teachers as key informants. Data collection techniques is done by observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques through reduction stage, display, towing conclusion and verification of data. The validity of the findings by way of credibility, Transferability, Defendabilitas, and konfimabilitas. Based on the results of this study concluded that the competency of teachers at SDN Kubang-Laban is not in accordance with the demands of Curriculum 2013. But Master SDN Kubang-Laban has shown readiness to implement Curriculum 2013.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kopetensi Guru, Kesiapan Guru, Kurikulum 2013.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:20
Last Modified: 09 Sep 2022 09:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13617

Actions (login required)

View Item View Item