Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

“STUDI DESKRIPTIF TENTANG UPAYA PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BUKU CERITA ERGAMBAR DI PAUD AL-MUAWANAH KECAMATAN GUNUNG SARI”

Ragil Kinasih, Handayani (2014) “STUDI DESKRIPTIF TENTANG UPAYA PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BUKU CERITA ERGAMBAR DI PAUD AL-MUAWANAH KECAMATAN GUNUNG SARI”. S1 thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
“STUDI DESKRIPTIF TENTANG UPAYA PENINGKATAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Handayani Ragil Kinasih , 2221070280. Studi Dskriptif Tentang Upaya Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Metode Bercerita Mengguanakan Buku Cerita Bergambar Di PAUD Al-Muawannah Kec. Gunung Sari. Pembimbing I Drs. H. Irwan Djumena, M. Pd dan Pembimbing II Drs. H. Sholih, M. pd. ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Studi Dskriptif Tentang Upaya Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Metode Bercerita Mengguanakan Buku Cerita Bergambar Di PAUD Al-Muawannah Kec. Gunung Sari”. Yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaraan bercerita mengguanakan buku cerita bergambar upaya mencerdaskan emosional anak, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaraan pada anak usia dini dalam meningkatkan kecerdasaan emosional menggunakan metode bercerita, untuk mengetahui bagaimana hasil yang di peroleh anak setelah menggunakan metode bercerita dalam upaya meningatkan kecerdasaan anak. Mulai dari bulan Mei s.d Juni 2014. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengambilan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi dengan jumlah populasi pada penelitian ini adalah 4 orang tutor. Anak adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan sangat pesat dan sangat fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Ia memilikki dunia ini dan karakteristik sendiri yang jauh berbeda dari dunia dan karkteristik orang dewasa. Ia sangat aktif, dinamis, antusias dan hampir selalu ingin tahu terhadap apa yang dilihat dan didengarkannya, serta seolah-olah tak pernah berhenti belajar. Adapun perencanaan pembelajaraan yang di lakukan tutor dalam penggunaan metode bercerita ini haruslah dapat menyusun kegiatan pembelajaraan dengan memperhatikan pesan-pesan, nilai-nilai sosial, moral dan agama yang terkandung dalam sebuah cerita,serta dapat memberikan informasi tentang lingkungan fisik dan lingkung sosial yang perlu di ketahui oleh anak. Tujuan dalam pelaksanan metode bercerita dapat mengkomunikasikan tujuan dan tema, mengatur tempat duduk, kegiatan pembukaan, pengembngan cerita, menatapkan teknik bertutur yang akan di gunakan, dan mengajukan pertanyaan-pertayaan yang berkaitan dengan isi cerita. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaraan melalui metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak antara lain anak memiliki kesadaraan diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati, dan membina hubungan baik kepada semua orang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDjumena, Irwan195410081987031001
Thesis advisorSholih, Sholih196006141987021001
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Apr 2022 13:02
Last Modified: 20 Apr 2022 13:02
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13616

Actions (login required)

View Item View Item