Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT KHUSUS GIGI DAN MULUT KOTA BANDUNG

Rohaeni, Heni and Rahayu, Irna (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT KHUSUS GIGI DAN MULUT KOTA BANDUNG. Jurnal Administrasi Publik Volume 8, Nomor 1, Juni 2017, 8 (1). pp. 1-102. ISSN ISSN 2087 – 8923. e-ISSN 2549-9319

[img]
Preview
Text (Jurnal Administrasi Publik UNTIRTA Volume 8, Nomor 1, Juni 2017, hlm. 1-102)
04.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview

Abstract

Rumah sakit sebagai penyedia jasa kesehatan sudah harus mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang mereka berikan dapat memberikan kepuasan kepada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Kota Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien RSKGM Kota Bandung dengan jumlah sampel sebanyak 99 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan teknik non-probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji regresi linier untuk mengetahui hubungan dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Kota Bandung. Hasil analisis uji koefisien korelasi menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan mempunyai nilai r sebesar 0,785 berada di range 0,60-0,79 atau dalam kategori tingkat hubungan yang kuat terhadap kepuasan pasien. Selanjutnya hasil dari uji koefisien determinasi atau besarnya Adjusted R Square adalah 0,616. Hal ini berarti bahwa 61,62% kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Item Type: Article
Additional Information: The hospitals as a health service provider should already know how the quality of they service can be provide satisfaction to the patient. This study is aims to analyze the effect of service quality on patient satisfaction at Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Kota Bandung. Population in this study is patient of RSKGM Kota Bandung with total sample 99 respondent. Data collection was done by distributing questionnaires with non-probability sampling technique. Data analysis technique is used coefficient correlation test, coefficient determination test and linear regression test to know how far the relationship and effect of service quality to patient satisfaction at RSKGM Kota Bandung. The result of analysis correlation test indicate that service quality variable have value r equal to 0,785 is in range 0,60-0,79 or in category strong relation. The result of determination test or Adjusted R Square is 0,616. This means that 61,62% of consumer satisfaction can be explained by service quality variables, while the rest is explained by other variables which not examined in this study. Keywords: Service quality, patient satisfaction
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 May 2019 02:58
Last Modified: 08 May 2019 02:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1359

Actions (login required)

View Item View Item