Rahmawati, Aulia (2014) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA ANTARA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMPN 15 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA ANTARA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN DE.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, sehingga perlu adanya alternatif pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan ini, di antaranya model Problem Based Learning (PBL) dan Model Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional; 3) mengetahui terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL), model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan pembelajaran konvensional; 4) mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol tidak ekuivalen (Non Equivalent Control Group Design) dan populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VIII SMPN 15 Kota Serang Tahun Ajaran 2013/2014 dengan sampel sebanyak tiga kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang memperoleh pembelajaran dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL), pembelajaran dengan model koopaeratif tipe Think Pair Share (TPS) dan pembelajaran konvensional; 4) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning (PBL) dan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) termasuk dalam kriteria kuat
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based Learning (PBL), Think Pair Share (TPS). | |||||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2022 22:16 | |||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2022 14:57 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13577 |
Actions (login required)
View Item |