Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

BENTUK DAN KATEGORI MAKIAN DI DALAM KUMPULAN CERPEN MEREKA BILANG SAYA MONYET KARYA DJENAR MAESA AYU

Sukmawati, Putri Indah (2016) BENTUK DAN KATEGORI MAKIAN DI DALAM KUMPULAN CERPEN MEREKA BILANG SAYA MONYET KARYA DJENAR MAESA AYU. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
BENTUK DAN KATEGORI MAKIAN DI DALAM KUMPULAN CERPEN MEREKA BILANG SAYA MONYET KARYA DJENAR MAESA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus yang terjadi akibat penggunaan makian yang tidak sesuai konteksnya dan fenomena penggunaan makian di dalam kumpulan cerpen yang terinspirasi dari budaya masa kini. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian ini adalah bentuk dan kategori makian di dalam kumpulan cerpen Mereka Bilang Saya Monyet karya Djenar Maesa Ayu.Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bentuk makian di dalam kumpulan cerpen Mereka Bilang Saya Monyet karya Djenar Maesa Ayu, terbitan Gramedia Pustaka Utama, tahun 2004 dan (2) kategori makian di dalam kumpulan cerpen Mereka Bilang Saya Monyet karya Djenar Maesa Ayu, terbitan Gramedia Pustaka Utama, tahun 2004. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik studi pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan teknik kajian isi (content analysis). Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerpen Mereka Bilang Saya Monyet karya Djenar Maesa Ayu. Sementara itu, data dalam penelitian ini adalah tuturan tokoh yang mengandung penggunaan makian. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: (1) berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan data ujaran yang mengandung makian di dalam kumpulan cerpen Mereka Bilang Saya Monyet karya Djenar Maesa Ayu bentuk makian ditemukan sebanyak 20 data, yang diperinci sebagai berikut: (a) makian berbentuk polimorfemis berafiks berjumlah 1 buah; (b) makian berbentuk kata monomorfemis berjumlah 12 buah; (c) makian berbentuk frasa berjumlah 7 buah. (2) Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan data ujaran yang mengandung makian dalam kumpulan cerpen Mereka Bilang Saya Monyet karya Djenar Maesa Ayu kategori makian ditemukan sebanyak 19 buah; (b) makian berkategori frasa nominal berjumlah 4 buah; (c) makian berkategori verba berjumlah 3 buah; (d) makian berkategori adjektiva berjumlah 5 buah; (e) makian berkategori frasa adjektival berjumlah 3 buah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRosidin, Odin19761222200121001
Thesis advisorTrisnasari, Sundawati198511112010122004
Uncontrolled Keywords: cerpen, bentuk, kategori, makian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Apr 2022 11:32
Last Modified: 20 Apr 2022 11:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13574

Actions (login required)

View Item View Item