Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA MELALUI MEDIA BONEKA JARI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Angsana Kota Serang)

Suhertina, Mila (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA MELALUI MEDIA BONEKA JARI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Angsana Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA_opt.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak siswa dan motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri Angsana dengan nilai rata-rata dibawah KKM yaitu 42,9 pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena guru dalam mengajar tidak menggunakan media pembelajaran yang bervariatif sehingga siswa banyak yang pasif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar menyimak siswa dengan menerapkan media pembelajaran boneka jari. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 39 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dengan dua tahap siklus penelitian. Setiap siklusnya dilakukan 2 pertemuan yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data hasil belajar menggunakan tes tertulis, pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 62% dan meningkat menjadi 80%. Hasil Penelitian menunjukkan persentase peningkatan rata-rata hasil belajar menyimak siswa dari 39% pada siklus I meningkat menjadi 90% pada siklus II dengan kategori “baik sekali”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran boneka jari dapat meningkatkan hasil belajar menyimak dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III di sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSUPRANI, SUPRANI195501181984031001
Thesis advisorRAHMAN HAKIM, ZERRI198003312010121001
Additional Information: This research was motivated by low of listening skills and student of motivation class III Angsana elementary school with average value below the KKM is 42,9 on Indonesia subject. This is because teachers in teaching does not use media that varied so much that a passive student learning. The purpose of this research is to improve student activity and learning outcomes of the students listened to implement instructional media finger puppet. Subjects in this study were 39 students. The method used in this research is a class act. Measures in this research is done in two stages of the research cycle. Each cycle is performed 2 meeting consisting of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. Data collection instruments used in this research include learning outcomes data using the written test, interview, observation and documentation sheet. Results of observation of student activity in the first cycle by 62% and increased to 80%. Research results show the percentage increase in the average student learning outcomes listening of 39% in the first cycle increased to 90% in the second cycle to the category "very well". Based on the results of this study concluded that the application of finger puppets learning media can improve learning outcomes listening and student activity on Indonesian subjects in the third grade of elementary school
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Keterampilan Menyimak, pembelajaran bahasa Indonesia, boneka jari
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:17
Last Modified: 08 Sep 2022 14:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13570

Actions (login required)

View Item View Item