Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN SUBANG (STUDI KASUS PELAYANAN UJI KIR DAN TRAYEK PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SUBANG)

Hirawan, Zaenal (2017) PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN SUBANG (STUDI KASUS PELAYANAN UJI KIR DAN TRAYEK PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SUBANG). Jurnal Administrasi Publik Volume 8, Nomor 1, Juni 2017, 8 (1). pp. 1-102. ISSN ISSN 2087 – 8923. e-ISSN 2549-9319

[img]
Preview
Text (Jurnal Administrasi Publik UNTIRTA Volume 8, Nomor 1, Juni 2017, hlm. 1-102)
02.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah pelayanan Ijin Trayek dan Uji KIR yang dimana tingkat kehandalan dalam pemberian layanan masih rendah, institusi belum menerapkan keamanan dengan masih banyaknya pihak ketiga yang menawarkan jasa perpanjangan ijin trayek dan uji KIR dan hal lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelayanan tidak tercermin transparansi. Hal ini terlihat dari biaya pelayanan yang belum terbuka kepada masyarakat. Terciptanya akuntabilitas dan ditaatinya peraturan mengenai waktu penerbitan Ijin Trayek dan buku lulus Uji KIR.Masih belum terciptanya kondisional artinya bahwa tingkat konsistensi waktu kurang diperhatikan oleh aparatur pemerintah. Dari sisi lain bahwa masyarakat mengharapkan bahwa pelayanan yang cepat, biaya dapat dijangkau dan waktu yang jelas dalam memproses hal tersebut. Kondisi-kondisi seperti ini yang menyebabkan pelayanan umum yang diselenggarakan oleh pihak pemerintah tidak berjalan dengan baik. Masih belum adanya Partisipatif yakni pelayanan yang dapat mendorong peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik dengan memperhatikan aspirasi, kebutuhan, dan harapan masyarakat. Masih belum terciptanya Kesamaan hak yaitu pelayanan yang tidak melakukan diskriminasi dilihat dari aspek apa pun khususnya suku, ras, agama, golongan, status sosial, dan lain-lain. Dilihat dari masih banyaknya masyarakat yang belum mendapatkan hak dalam pelayanan ijin trayek dan uji KIR dari pemerintah. Masih belum terciptanya Keseimbangan hak dan kewajiban yaitu pelayanan yang mempertimbangkan aspek keadilan antara pemberi dan penerima pelayanan publik. Kata Kunci: Pelayanan ijin trayek dan uji KIR

Item Type: Article
Additional Information: This research was done based on service issues and the Route Permit Test KIR that where the level of reliability in the provision of services is still low, the institutions have not implemented a number of security they offer third party services routes and the extension of KIR test and other things. The method used in this research is descriptive method with qualitative approach. The results showed that the services are not reflected transparency. This is evident from the service charge is not yet open to the public. The creation of accountability and compliance with regulations regarding the issuance of a Route Permit and pass book KIR Test. Still not the creation of conditional means that the level of consistency less noticed by the government apparatus. From the other side that the public expects that the fast service, the cost can be reached and a clear time to process it. Conditions such as these cause the public service held by the government is not going well. Participatory still lack the services to encourage community participation in the implementation of public service with the aspirations, needs and expectations of society. Equal rights are still not the creation of the ministry that does not discriminate from the aspects of any particular tribe, race, religion, class, social status, and others. Judging from the number of people who do not get the right trajectory license in service and KIR test of the government. Still not the creation of a balance of rights and obligations of the ministry that considers the aspect of justice between providers and recipients of public services. Keywords : Route Permit ,Public Service
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 May 2019 02:52
Last Modified: 08 May 2019 02:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1357

Actions (login required)

View Item View Item