Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA SUBKONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA (Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Serang Kelas XI Semester 2)

JAMALUDIN, MAMDUH (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA SUBKONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA (Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Serang Kelas XI Semester 2). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA _opt_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap motivasi dan kemampuan kognitif siswa pada subkonsep sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMAN 6 Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang menggunakan desain randomized control group only. Model pembelajaran Quantum teaching sebagai variabel bebas, motivasi dan kemampuan kognitif siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalan seluruh siswa kelas XI SMAN 6 Kota Serang tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur motivasi siswa, post test untuk mengukur kemampuan kognitf siswa, dan lembar observasi untuk keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata motivasi pada kelas eksperimen sebesar 63,44 dengan kategori tinggi. Nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa pada kelas eksperimen yaitu 71,66 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil uji t pada motivasi siswa diperoleh nilai sig. 0,002 < 0,05 yang berarti H0 ditolak, sedangkan hasil uji t pada kemampuan kognitif siswa diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum teaching terhadap motivasi dan kemampuan kognitif siswa pada subkonsep sistem pencernaan manusia di kelas XI SMAN 6 Kota Serang. Kata Kunci

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAMALIA, EVI197207272005012001
Thesis advisorRACHMAWATI, DIAN198412242009122005
Additional Information: his study aimed to determine the effect of Quantum teaching model toward motivation and cognitive abilities of students on the subconcept of human digestive system in class XI SMAN Serang. This research was a quasi-experimental research that use randomized control group only designs. Quantum teaching model as independent variable, the motivation and cognitive ability as the dependent variables. The population in this research were all students of class XI IPA at SMAN 6 Serang academic year 2013/2014. The study sample consisted of two classes, class XI IPA 3 as a control class and class XI IPA 2 as a experimental class. The sampling techniques conducted by random sampling way. The data collection techniques using questionnaires for measure the student motivation, post-test for measure the students’ cognitive abilities and observation sheet for enforceability of study. The results showed an average value of student motivation of experimental class is 63,44 with high category.The average value of the students' cognitive abilities of experimental class is 71,66 with good category. Based on the results of t-test on students' motivation gained sig. 0.002< 0.05, which means that H0 is rejected , while the t-test results on students' cognitive abilities acquired sig. 0,000 < 0,05, which means that H0 is rejected. Based on the results of this study concluded that Quantum teaching model attacted significantly to motivation and cognitive abilities of students on the subconcept of human musculoskeletal system in class XI SMAN 6 Serang City
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Quantum Teaching model, Motivasi, Kemampuan Kognitif, Sistem Pencernaan Manusia
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:17
Last Modified: 08 Sep 2022 14:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13569

Actions (login required)

View Item View Item