Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN Sukamanah 03 Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Sukamanah 03 Jiput – Pandeglang

Masnasari, Ita (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN Sukamanah 03 Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Sukamanah 03 Jiput – Pandeglang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips dalam menggunakan model pembelajaran k.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaborasi dalam dua siklus. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukamanah 03 Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang sebanyak 30 siswa dengan komposisi perempuan 17 siswa dan laki-laki 13 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2013 – 2014. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I 65,3 dengan ketuntasan belajar 56,7% atau 17 orang siswa yang mencapai KKM dan sebanyak 13 orang siswa atau 43,3% belum mencapai KKM. Pada siklus II memperoleh nilai 82 dengan prosentase ketuntasan belajar 82% atau sebanyak 24 orang siswa yang mencapai KKM dan 18% atau sebanyak 6 orang siswa yang belum mencapai KKM maka terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Begitu pula dengan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai pada siklus I 1,7 dan siklus II memperoleh 2,2. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukamanah 03 Kecamatan Jiput KabupatenPandeglang

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSholih, Sholih196006141987021002
Thesis advisorHosnan, Hosnan195511181982031002
Additional Information: Action research (CAR) and implemented in collaboration of two cycles. The primary objective of this study was to determine the improvement of learning outcomes in the Social Sciences subject matter Struggle Maintain Independence through Cooperative Learning Type Think Pair Share. The subjects of this study were fifth grade teachers and students Sukamanah 03 Elementary School District of Jiput Pandeglang many as 30 students with the composition of 17 female students and 13 male students. The experiment was conducted in the second semester of academic year 2013-2014. The results showed that the average value of learning outcomes in the first cycle average value of learning outcomes is 65.3 with mastery learning 56.7% or 17 students who achieved KKM and as many as 13 people or 43.3% of students have not reached the KKM. In the second cycle to obtain the value of 82 percent mastery learning as much as 82% or 24 KKM and students who achieve 18% or as much as 6 students who have not reached the KKM then an increase in student learning outcomes. Similarly, the observation of the students showed an increase in activity with the students received grades in the first cycle is 1.7 and second cycle 2.2 gain. This study concluded that the use of Cooperative Learning Type Think Pair Share can improve learning results of students on the subjects of Social Sciences Elementary School fifth grade students of the District State Sukamanah 03 of Jiput Pandeglang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:17
Last Modified: 08 Sep 2022 14:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13565

Actions (login required)

View Item View Item