Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Majalaya, Tunjung Teja Serang)

ERNAWATI, MIMIN (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Majalaya, Tunjung Teja Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA dan masih minimnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media flashcard. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Majalaya dengan jumlah 29 siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi, wawancara dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1, sebesar 72,41% siswa aktivitas belajarnya berada pada kategori baik dan baik sekali dan pada siklus 2 meningkat menjadi 96,55% siswa aktivitas belajarnya berada pada kategori baik dan baik sekali. Begitupun dengan ketuntasan belajar siswa, persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 yaitu 51,72%, meningkat menjadi 82,75% pada siklus 2. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Majalaya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHENDRACIPTA, NANA197901092005011002
Thesis advisorRAHMAN HAKIM, ZERRI198003312010121001
Additional Information: The research is motivated by the low of learning result of science studies and lack the using of media in the learning process. The purpose of this research is to improve students’ learning activities and learning result by using flashcard media. The subjects are students at the fifth grade of SDN Majalaya wich are 29 students. The method used in this research is classroom action research (CAR). This research was conducted in two cycles. The research instruments were used observation, interview and achievement test,. The results showed an increase in the first cycle to second cycle. In first cycle was 72.41 % of students learning activities that were in good and excellent categories and the second cycle increased to 96.55 % of students learning activities that were in good and excellent categories. Likewise with the students learning completeness, the percentage in first cycle was 51.72 % increase to 82.75 % in second cycle. Therefore it be concluded that the using of flashcard media can improve students’ learning activities and learning result of science at the fifth grade of SDN Majalaya.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Flashcard
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:09
Last Modified: 08 Sep 2022 14:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13564

Actions (login required)

View Item View Item