Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS III A SDN CIBEBER 3 Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III A SDN Cibeber 3 Kota Cilegon

Fauzi Al Ansori, Ade (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS III A SDN CIBEBER 3 Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III A SDN Cibeber 3 Kota Cilegon. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA K~1_opt.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning example non example hingga mencapai nilai ≥75. Jenis pada penenlitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto, S yang dilakukan dengan 2 tahap siklus penelitian, dimana pada setiap siklusnya dilakukan dengan dua pertemuan. Setiap siklusnya dilakukan dengan empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap reflkeksi. Adapaun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan instrumen tes, instrumen observasi aktivitas belajar guru dan siswa. Pada siklus pertama pertemuan satu dan dua jumlah siswa yang hadir 37 siswa, sedangkan pada siklus dua jumlah siswa yang hadir 37 siswa dengan diterapkannya model cooperative learning example non example, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa 77,7% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,4%. Begitupun dengan rata-rata hasil belajar siswa dari 79,8 pada siklus I meningkat menjadi 95,6 pada siklus II. Sehingga simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa dengan diterapkanya model cooperative learning example non example dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas III A Sekolah Dasar Negeri Cibeber 3.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, Ujang197708012005011002
Thesis advisorSYACHRUROJI, SYACHRUROJI197908162005011006
Additional Information: Main goal of this research is to increase student’s Learning Activity and Learning Results by using method of cooperative learning example non example until it reaches the value ≥75. Research applied here is tutelage action model of arikunto S which is done with 2 research cycle. On each cycle, we initiated the research with 2 meetings. There are 4 phases on each research cycle : planning, implementation, observation, and reflection phase. Any research data we found are collected by the methods of Test instrument and teacher-students interlearning observation instrument. Number of present student on each cycle is 37 students. On second cycle which we applied the method of cooperative learning example non example, student’s learning activity and its results are significantly increasing. On first cycle, Learning activity rate of each student is 77,7% and each of them have significant increase up to 94,4%. Same goes to learning results on each student which is raising up from 79,8% on the first cycle to 95,6% on second cycle. Hence the conclusion taken from this research is, by the appliance of cooperative learning example non example method is proven able to increase the student’s learning activity rate and learning results on Social Study for SDN Cibeber 3 class III A students.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil belajar, pembelajaran IPS, Cooperative Learning Example Non Example
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:10
Last Modified: 08 Sep 2022 14:28
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13561

Actions (login required)

View Item View Item