Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Slapajang III Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang

UMAIROH, SITI (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Slapajang III Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (33MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rendahnya hasil belajar siswa diakibatkan karena dalam pembelajaran IPA guru hanya menggunakan model pembelajaran yang konvensional. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Slapajang III setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Slapajang III setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example non example. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Slapajang III Kec. Cisoka Kab. Tangerang. Subjek penelitian ini adalah 42 siswa kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa aktivitas siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example non example semakin meningkat pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I aktivitas siswa sebesar 61,90 % sedangkan pada siklus II meningkat mencapai 85,71% berada pada kriteria baik dan baik sekali. Peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus adalah pada siklus I siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65 yaitu 64,28% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak atau 35,72%. Sedangkan pada siklus II yang memenuhi KKM yaitu 90,48% dan yang tidak memenuhi KKM atau tidak tuntas sebanyak 9,52%. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example non example hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi sumber daya alam dapat meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSUPRANI, SUPRANI195501181984031001
Thesis advisorHendracipta, Nana197901092005011002
Additional Information: The background research is the low of learning outcomes of student on science subject. The low of learning outcomes because the teacher using only convensional learning model. This purpose of this research is to determine the students of activities on science subjects in class IV SDN Slapajang III after using cooperative learning model type example non-example and to determine improving student learning outcomes in science subjects in class IV SDN Slapajang III after using cooperative learning model type example non-example. This research is a Classroom Action Research (CAR). Every cycle include : planning, implementation, observation, reflection. The write collect data in two cycle. The writer collect data from : test, observation, and dokumentation. This research at SDN Slapajang III. The subject of the research at fourth grade from 42 students. Based on the research result it. Activities of students in learning science subject by using cooperative learning model type example non example increasing in each cycle is the percentage of students in the first cycle of 61,90%, while in the second cycle increased to 85,71 % student on the criteria of good and very good. Improving student learning outcomes at each cycle is asss follow first cycle of student who meet the minimum criteria for completeness (KKM) 65 is a complete by 27 students or 64,28%, who did not complete as many as 15 student or 35,72%. While the second cycle student who meet the minimum criteria that who complete mastery as many as 38 student or 90,48%.while that does not meet the KKM as many as 4 student or 9,52%. The conclusion that by using cooperative learning model type example of non example of learning outcomes of students in science subjects matter of natural resources can be increased.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: hasil belajar siswa, mata pelajaran IPA, model pembelajaran kooperatif tipe example non example
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:10
Last Modified: 08 Sep 2022 14:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13560

Actions (login required)

View Item View Item