Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Macromedia Flash Berbasis Power Point Pada Mata Pelajaran IPS”, Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas V SDN Teluk 02 Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Tahun Pembelajaran 2014/2015

Pramono, Damasistio (2015) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Macromedia Flash Berbasis Power Point Pada Mata Pelajaran IPS”, Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas V SDN Teluk 02 Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Tahun Pembelajaran 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS POWER POINT PA~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materipokokPersiapan Kemerdekaan Indonesia dan Perumusan Dasar Negara melalui penggunaan media pembelajaran macromedia flash berbasis power point. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya nilai hasil belajar peserta didik pada materipokok tersebut, dengan jumlah subjeknya adalah 31peserta didik.Pada teknik pengumpulan data menggunakan; pedoman wawancara pada pra siklus, observasi, tes tertulis, dan dokumentasi, sedangkan instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu, tes hasil belajar peserta didik dalam bentuk tes tertulis serta lembar observasi.Setelah melaksanakan penelitian pada siklus I persentase aktivitas peserta didik meningkatmencapai angka 71%, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas peserta didikmengalami peningkatan mencapai angka 100%.Sedangkan pada hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rata- rata hasil belajarnyamencapai69,67 dengan persentase ketuntasan70% dan dalam hasil belajar peserta didik pada siklus II nilai rata- rata hasil belajarnyamencapai 83,22 dengan persentase ketuntasan 100% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran macromedia flash berbasis power point dapat mengingkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawan, Adang195905171985031003
Thesis advisorSari Dewi, Ratna198105052005012002
Additional Information: This research aims to increase the activity of learners and improve learning outcomes of students in the subject matter of Indonesian Independence Preparation and Formulation of the State through the use of Macromedia Flash�based learning media power point. This research was conducted because of the low value of the study of students in the subject matter, the number of subjects was 31 learners. In the data collection techniques used; guidelines on pre-cycle interviews, observations, written tests, and documentation, while the instrument used for collecting data, test results of learners in the form of a written test and observation sheet. After carrying out research in the first cycle of activity learners increased percentage reached 71%, while in the second cycle the percentage of learners increased activity reached 100%. While on the study of students in the first cycle the average value learning results with the percentage reaching 69.67 completeness 70% and the learning outcomes of students in the second cycle the average value of learning outcomes reached 83.22 with the percentage of completeness 100% by category very good. It can be concluded that the use of Macromedia Flash-based learning media enables high power point learning outcomes of students
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media Macromedia Flash Berbasis Power Point, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:11
Last Modified: 08 Sep 2022 14:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13556

Actions (login required)

View Item View Item