Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM POKOK BAHASAN SEJARAH UANG KELAS III SDN KAMAL 06 PAGI TEGAL ALUR KALIDERES (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas III SDN Kamal 06 Pagi Tegal Alur Kalideres)

Anggraini, Ayu (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM POKOK BAHASAN SEJARAH UANG KELAS III SDN KAMAL 06 PAGI TEGAL ALUR KALIDERES (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas III SDN Kamal 06 Pagi Tegal Alur Kalideres). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Kancing Gemerincing pada.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing pada mata pelajaran IPS dalam pokok bahasan sejarah uang kelas III SDN Kamal 06 pagi tegal alur kalideres. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun subyek penelitian ini berjumlah 42 siswa. Alat pengumpulan data berupa soal tes evaluasi (pilihan ganda), lembar observasi aktivitas siswa dan guru pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing aktivitas siswa meningkat, presentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I yaitu 43,48% dan pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 65,21%. Pada siklus II pertemuan I presentase aktivitas siswa yaitu 86,96% dan pada siklus II pertemuan II kembali mengalami peningkatan menjadi 91,30%. Selain itu, presentase hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Dari data awal yang diperoleh, presentase siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 28,58%, pada siklus I presentase siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 66,67%, dan pada siklus II presentase siswa yang mencapai nilai KKM mengalami peningkatan menjadi 88,09%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing maka aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan sejarah uang di SDN Kamal 06 Pagi Tegal Alur Kalideres mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawan, Adang195905171985031003
Thesis advisorSari Dewi, Ratna198105052005012002
Additional Information: The objectives of this research is to increase the improvement outcomes learning of application cooperative learning model with kancing gemerincing type on studies social science in the subject history of money in class III SDN Kamal 06 Pagi Tegal Alur Kalideres. The form of this research is Classroom Action Research which consists of two cycle, each cycle consist of four phase. Those are planning, implementation, observation, and reflection. As the subject of the research are the 42 grade students. Means data of collection in the form of an evaluation test questions (multiple choice), student activity sheets and teacher observation at each meeting. The results showed that after the application of cooperative learning model with kancing gemerincing type activity increased student learning, presentation activity student in the I cycle first meeting is 43,48% and in the I cycle second meeting increased to 65,21%. In the II cycle first meeting presentasion activity student is 86,96% and in the II cycle second return increased to 91,30%. In additon to the presentation of student learning outcomes also increased. In the form first data, presentasion student is taken from KKM is 28,58%, in I cycle presentation student is taken from KKM is 66,67%, and II cycle presentasion student is taken from KKM increased 88,09%. Based on the analiysis results, its can be concluded that by using cooperative learning model with kancing gemerincing type student learning activities and student learning outcomes in social studies in the subject history of money in SDN Kamal 06 Pagi Tegal Alur Kalideres increased
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing, mata pelajaran IPS, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:11
Last Modified: 08 Sep 2022 14:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13554

Actions (login required)

View Item View Item