Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA KONSEP PESAWAT SEDERHANA di KELAS V

Suhada, Hidayati (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA KONSEP PESAWAT SEDERHANA di KELAS V. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA KONSEP PESAWATA SEDERHANA DIKELAS V (1)_opt.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yakni pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher oriented), metode pembelajaran yang digunakan guru dalam proses belajar pembelajaran kurang bervariasi kebanyakan metode ceramah, tidak terbiasa melakukan kegiatan percobaan yang dapat mengaktifkan belajar siswa ketika pembelajaran berlangsung, banyak siswa yang tidak antusias dalam belajar akibatnya hasil pembelajaran menjadi rendah. Kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA belum memuaskan. Hasilnya yang mencapai KKM baru 35,7 % . Kondisi nyata tersebut perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan Pendekatan Keterampilan Proses (2). untuk meningkatkan aktivitas siswa pada proses pembelajaran IPA dengan menerapkan Pendekatan Keterampilan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Targart melalui empat langkah tahapan : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Alur penelitian dilakukan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.. (2) Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa pembelajaran melalui Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Mekarsari 2 Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang Tahun Pelajaran 2013/2014. Disarankan bagi guru untuk menerapkan Pendekatan Keterampilan Proses dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHENDRACIPTA, NANA197901092005011002
Thesis advisorSYACHRUROJI, SYACHRUROJI197908162005011006
Additional Information: The research is motivated problems that still teacher centered learning (teacher oriented) teaching methods used by teacher for teaching and learning is less varied mostly lecture method, not used ecperiments that can activate student’s learning when learning procces, many students are not enthusiastic in learning consequently the learning outcomes to be low. Learning activities and learning outcomes of students in science subject has not been satisfactory. Which reaches KKM only 35,7 % The real condition of the necessary repairs to the learning process skills approach. The purpose of this research is : 1) to Increase students activities in science subject through process skills approach. 2) To Increase students result in science subject through process skills approach.Research method use in this research is a method of classroom action research, by using a model develop by Kemmis and Mc Targart through a for step phases, planning, action, observation and reflection. Flows study done two cycles The result of the research shows that : 1) The application of process skills approach can improve science learning outcomes .2) there is improve students activities in science subject through process skills approachThe conclusion is learning through process skills approach can improve the result of student’s learning in science subject at the fifth grade of SDN Mekarsari 2 2013/2014. It’s suggested for teacher to process skills approach in social subject to improving the result of student’s learning
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Pendekatan Keterampilan Proses
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:11
Last Modified: 08 Sep 2022 14:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13552

Actions (login required)

View Item View Item