AINI, QURROTUL (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MODELLING THE WAY PADA MATA PELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Saninten Kecamatan Bandung Kabupaten Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe modelling the way pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Saninten. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I, aktivitas siswa mencapai 57,89% pada pertemuan 1 dan 73,68% pada pertemuan 2. Pada siklus II, aktivitas siswa meningkat mencapai 84,21% pada pertemuan 1 dan 94,73% pada pertemuan 2. Hal ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80%. Peningkatan hasil belajar siswa yang telah memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal (KKM), pada siklus I meningkat menjadi 57,14% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,14%, hal ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian dalam setiap siklus menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe modelling the way dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Saninten.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The purpose of this research is to improve student learning outcomes by using cooperative learning model modelling the way in social studies class IV elementary school saninten. The method used in this research is classroom action research (CAR). This study was conducted by two cycles and each cycle consists of four phases: planning, action, observation and reflection. The results showed an increase in activity and student learning outcomes in each cycle. In the one cycle, the student activity reached 57.89% at the meeting of 1 and 73.68% at the meeting 2. In the two cycle, student activities increased to 84.21% in the first meeting and 94.73% at the meeting 2. It has according to the indicators of success that has been established which is 80%. Improving student learning outcomes that have met the standard the Criteria for Completeness Minimal (CCM), in the one cycle increased to 57.14% and the two cycle increased to 82.14%, this was in accordance with the indicators of success of 80%. Based on the study results in each cycle show that the cooperative learning model modelling the way to improve learning outcomes of social science in class IV elementary saninten. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Hasil Belajar, Modelling The Way, IPS | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2022 22:11 | |||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2022 15:33 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13543 |
Actions (login required)
View Item |