Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Koper 2 Kecamatan Cikande Kabupaten Serang)

Nur Azizah, Aida (2015) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Koper 2 Kecamatan Cikande Kabupaten Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul tentang “Penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV. Tujuan penelitian ini (1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan terdiri dari tahapan-tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek yang diambil adalah siswa kelas 4 SDN Koper 2 Kec. Cikande Kab. Serang sebanyak 30 siswa. Data yang dikumpulkan yaitu dengan hasil belajar siswa, observasi aktivitas siswa, observasi aktivitas guru, wawncara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal tersebut dapat ditandai dengan adanya peningkatan rata�rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I adalah 63,51 dan siklus II 86,62. Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 52% dan siklus II 93%. (2) penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut dapat diandai dengan adanya peningkatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 59% dan siklus II sebesar 92%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHENDRACIPTA, NANA197901092005011002
Thesis advisorSYACHRUROJI, SYACHRUROJI197908162005011006
Additional Information: his research is Using the Quantum Teaching as a Learning Model Efforts to Improve Student Learning Outcomes Subject IPA Class in Fourth. Purpose of this study (1) to improve student learning outcomes with the application of learning models Quantum Teaching (2) to determine the learning activities of student in natural science subjects by using of learning model Quantum Teaching. This research method using classroom action research conducted in two cycles and consists of the stages of planning, action, observation and reflection. Subject taken was grade 4 SDN Koper 2 sub. cikande performances Serang many as 30 student. The collected data is the result of student learning, student activity observation, teacher activities, interviews and documentation. The results of this study indicate that : (1) The use of the Quantum Teaching a learning model can improve learning outcomes of students science subjects. This can be characterized by an increase in the average value of student learning outcomes in cycle I 52% and cycle II is 93%. (2) The use of the Quantum Teaching a learning model can increase student activity in following the learning. This can be characterized by the presence increased activity of students in cycle I is 59% and cycle II is 92%.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : model pembelajaran quantum teaching, aktivitas belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:12
Last Modified: 08 Sep 2022 14:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13538

Actions (login required)

View Item View Item