Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Peristiwa sekitar proklamasi Kelas V Di SDN 1 Narimbang Mulya

Yuliyanti Pratiwi, Wita (2015) Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Peristiwa sekitar proklamasi Kelas V Di SDN 1 Narimbang Mulya. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Penggunaan model pembelajaran numbered head together untuk meningkatkan hasil belajar lPS pad materi peristiwa sekitas proklamasi kelas V di SDN Panimbang.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) hingga mencapai minimal 80%. Jenis pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan 2 tahap siklus penelitian, dimana pada setiap siklusnya dilakukan dengan sua pertemuan. Tiap dilakukan dengan empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan instrumen tes, instrumen observasi aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa. Pada siklus pertama pertemuan satu dan dua jumlah siswa yang hadir 23 siswa dan pada siklus dua pertemuan satu dan dua siswa yang hadir 23 siswa. Dengan diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I aktivitas belajar siswa 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Begitupun dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I menjadi 72% dan pada siklus II meningkat menjadi 95,5%. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran dikelas Sekolah Dasar Negeri 1 Narimbang Mulya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyarbini, Asnawi19520726198103002
Thesis advisorHendracipta, Nana19790109200501100
Additional Information: The purpose of this research is to improve student learning outcomes and student learning activities using the learning model Numbered Head Together (NHT) to reach at least 80%. Type of this research is classroom action research (PTK), which is done in 2 stages of the research cycle, where in each cycle performed by sua meeting. Each performed with four stages, namely planning, implementation, observation stage, and the stage of reflection. The data collection techniques in this research is by using test instruments, instrument teacher activity observation and learning activities of students. In the first cycle of meeting one and two the number of students who attended 23 students and in cycle two meetings one and two students who attended 23 students. With the implementation of the learning model Numbered Head Together (NHT), the activity of student learning and increase student learning outcomes. In the first cycle of learning activities of students 70% and in the second cycle increased to 90%. Likewise with the average student learning outcomes in the first cycle to 72% and on the second cycle increased to 95.5%. The conclusions that can be drawn from this study that with the implementation of the learning model Numbered Head Together (NHT) can improve student learning outcomes and learning activities of students in social studies in the fifth grade so that students can be active in the learning process of State Elementary School class 1 Narimbang Mulya.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:12
Last Modified: 08 Sep 2022 14:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13535

Actions (login required)

View Item View Item