Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Rabak Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor)

Herawati, Herawati (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Rabak Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Rabak. Rendahnya nilai tersebut diakibatkan karena dalam pembelajaran IPS, guru hanya menggunakan metode ceramah yang kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga proses pembelajaran IPS kurang menarik. Tujuan penelitian ini untuk (1) meningkatkan hasil belajar siswa dan (2) untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa di kelas V SDN Rabak Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor semester genap tahun pelajaran 2013/2014 melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round club pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Penelitian yang digunakan adalah PTK. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali pertemuan digunakan untuk tes akhir pembelajaran demikian pula dengan siklus II. Data hasil belajar siswa digali dengan tes hasil belajar dan data hasil aktivitas siswa digali dengan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa kelas V SDN Rabak Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang mengacu pada model pembelajaran kooperatif tipe round club yaitu mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklusnya, yakni siklus I memperoleh data sebesar 67% dan siklus II memperoleh data sebesar 92%. Dan (2) Aktivitas siswa kelas V SDN Rabak Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor pada tahun ajaran 2013/2014 yang mengacu pada model pembelajaran kooperatif tipe round club yaitu: siklus I pertemuan kesatu memperoleh data sebesar 65%, siklus I pertemuan kedua memperoleh data sebesar 75%, siklus II pertemuan kesatu memperoleh data sebesar 85% dan siklus II pertemuan kedua memperoleh data sebesar 100%. Kesimpulan penelitian penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round club dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Rabak Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSUPARNO, SUPARNO195510281979031001
Thesis advisorASIH, INDHIRA196906692003122001
Additional Information: This research is motivated by low result learning student social science class V SDN Rabak. The low result of the caused by only use lecture method less involve students activity in the learning process and teachers do not use instructional media so that the process of learning social science becomes less attractive. This research intended to (1) increasing of student result learning and (2) to know increasing student learning activity at class V SDN Rabak District Parungpanjang of Regency Bogor second semester school year 2013/2014 by using cooperative learning type round club on the subject of social studies the struggle for independence research using class action research. This research is done in two steps, each of step according to planing, doing, observation, and reflektion. First step consisted of two meetings and the meetings are used to test learning result and also second step. The result of student learning is taken from examination test and the result of student activity is taken from observation paper from student activity. The results show up: (1) the result student learning class V SDN Rabak District Parungpanjang regency Bogor in the school year 2013/2014 obtain to cooperative learning type round club is creasing significant for each step by using this cooperative learning type round club that are first step get result persentation of 67% and second step get result persentation 92%. And (2) Student activity class V SDN Rabak District Parungpanjang regency Bogor in the school year 2013/2014 is taken from the cooperative learning type round club that is: first step of unity meeting obtained 65% data, the second meeting of the first step obtained 75% data, second step of unity meeting obtained 85% data, and second step of second meeting obtained 100% data. This study concluded that the use of models cooperative learning type round club can student learning outcomes and increase student activity on the subjects of social sciences elementary school fifth grade student of the district state Rabak of Parungpanjang Regency Bogor.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Hasil belajar siswa, model pembelajaran kooperatif tipe round club, penelitian tindakan kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:12
Last Modified: 08 Sep 2022 13:57
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13533

Actions (login required)

View Item View Item