Nurjanah, Iis (2015) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL (FILM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan Pada Siswa Kelas V SDN Serdang Wetan). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL (FILM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PEL_opt.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (21MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitiini adalah untuk meningkatkan hasil belajar,aktivitas siswa dan respon siswa dengan menggunakan media audio visual (film) sampai mencapai indikator keberhasilan yaitu hasil belajar 80%, aktivitas siswa 80% dan respon siswa 90%. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Terlihat dari data awal tingkat kelulusan peserta didik hanya 40.00% atau 16 siswa yang mencapai nilai KKM dan 60% atau 24 siswa yang belum mencapai nilai KKM (62). Sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal. Setelah diberikan tindakan dengan menggunakan media pembelajaran audio visual (film) dapat terlihat bahwa dari 40 siswa yang tidak tuntas pada siklus I sebanyak 27, 50 % atau 11 siswa, dan yang berkatagori tuntas sebanyak 72,50% atau 29 siswa. Akhirnya pada siklus II, dari 40 siswa yang tuntas hanya I siswa atau 2,50%. Setelah diberikan tindakan dengan menggunakan media audio visual (film) pada siklus I aktivitas siswa siklus I pertemuan I hanya mencapai 72% dan pertemuan II mengalami meningkatan menjadi 80%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I aktivitas siswa mencapai 90% pada pertemuan II menjadi 95% respon siswa terhadap media pembelajaran pada siklus I pertemuan I 86% dan pertemuan II 91%. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan media audio visual (film) dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa dan respon siswa terhadap media pembelajaran pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas V SDN Sserdang Wetan, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The purpose of penelitiini is to improve learning outcomes, student activities and student responses using audio-visual media (film) to achieve success indicator ie 80% of learning outcomes, student activities and student responses 80% to 90%. This research is a classroom action research (PTK) which consist of planning, action, observation and reflection. Seen from the preliminary data the graduation rate of students is only 40.00% or 16 students who reach the KKM and 60% or 24 students who have not reached the KKM (62). So the learning process is carried out is not optimal. After being given an action using audio-visual learning media (film) can be seen that of the 40 students who did not complete the first cycle by 27, 50% or 11 students, and that Uncategorised complete as much as 72.50% or 29 students. Finally in the second cycle, of 40 students who completed only the first students or 2.50%. After being given an action using audio�visual media (movies) in the first cycle of activity of students meeting the first cycle I only reached 72% and meeting II suffered increasing to 80%. While in the second cycle the first meeting of student activity reached 90% at the second meeting to 95% student response to instructional media in the first cycle the first meeting 86% and 91% the second meeting. The conclusions that can be drawn from the research is done by using audio-visual media (film) can improve learning outcomes, student activities and student responses to the instructional media on social science subjects in class V SDN Sserdang Wetan, District Legok, Tangerang. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Pembelajaran Audio Visual (Film) Ilmu pengetahuan Sosial, Penelitian Tindakan Kelas | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2022 22:12 | |||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2022 13:53 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13530 |
Actions (login required)
View Item |