Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

OKTAVIANI, LIDYA (2015) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Pengembangan kemampuan berbicara melalui.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (32MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di TK Islam Gunung Jati Tangerang�Banten, terdapat 7 dari 10 anak di kelompok A yang belum mampu berbicara, khususnya berbicara menggunakan kalimat sederhana.Sehingga mereka masih sering mengalami kesulitan dalam merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat sederhana.Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan kemampuan berbicara melalui metode bercerita dengan menggunakan media big book. Pada pra penelitian anak usia dini di TK Islam Gunung Jati Tangerang-Banten, didapatkan kemampuan berbicara anak masih rendah dengan 26%. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dengan 2 siklus. Dimana pada siklus I terdiri dari 9 kali tindakan, namun dikarenakan peningkatan dari kemampuan berbicara anak yang belum signifikan, maka penelitian pun dilanjutkan ke siklus II yang terdiri dari 3 kali tindakan, perbedaan dari jumlah tindakan ini dikarenakan pada pertemuan ke 2 siklus II, kemampuan berbicara anak sudah meningkat dengan baik, dengan kriteria keberhasilan tindakan sebesar 72%. Subjek penelitian berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan/diskusi teman sejawat. Dari hasil penelitian ini diketahui, bahwa : 1) pada penilaian awal siklus I, kemampuan anak mulai meningkat menjadi 39%, 3) siklus II memperoleh hasil 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan menggunakan media big book dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun yang dilakukan di TK Islam Gunung Jati Tangerang-Banten

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAsmawati, Luluk19730607208122004
Thesis advisorKhosiah, Siti197812042010122001
Additional Information: ased on the observations that have been made in kindergarten Islam Gunung Jati Tangerang-Banten, there are 7 of 10 children in group A that has not been able to speak, especially to speak using sentences sederhana.Sehingga they still often have difficulty in stringing words into a sentence simple.The This research, which is to know the process and the results of the development of speaking skills through storytelling using big media book. At the pre-study early childhood in kindergarten Islam Gunung Jati Tangerang-Banten, obtained speak ability of children is still low at 26%. The method used in this research is a classroom action research method, which is carried out with 2 cycles. Where the first cycle consists of 9 times the action, but due to the increase of the ability to speak a child who has not been significant, the study was continued into the second cycle consisting of 3 times the action, the difference of the amount of this action because at the meeting to 2 second cycle, the ability to speak children have increased well, with success criteria for action by 72%. Subjects numbered 10 child. Tecnic collecting data through observation, field notes, interviews, documentation and analysis of data. Data analysis using data reduction, data presentation and conclusion. Data validation is done by the extension of the participation, persistence observation, triangulation, and checking / discussion colleagues. From the results of this research note, that: 1) the initial assessment of the first cycle, the ability of children began to increase to 39%, 3) the second cycle to obtain the results of 86%. It can be concluded that the method of storytelling using books big media can develop speaking skills of children aged 4-5 years were conducted in kindergarten Islam Gunung Jati Tangerang-Banten.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan Berbicara , Bercerita.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 21:55
Last Modified: 08 Sep 2022 10:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13521

Actions (login required)

View Item View Item