Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK (Suatu Penelitian Pengembangan)

HOIRUN NISA, ANGGUN (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK (Suatu Penelitian Pengembangan). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas pendidikan di lapangan yaitu banyak pendidik yang masih menggunakan bahan ajar konvensional dalam pembelajaran serta rendahnya sikap disposisi matematis siswa. Disposisi matematis ialah kemampuan afektif siswa untuk menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, rasa ingin tahu, perhatian, dan minat yang tinggi dalam mempelajari matematika serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagimana mengembangkan bahan ajar interkatif berbasis problem solving; (2) bagaimana pencapaian akhir disposisi matematis siswa setelah penggunaan produk; (3) bagaimana peningkatan disposisi matematis siswa setelah penggunaan produk. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 5 Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan Pengembangan (R&D). hasil penelitian menunjukan; (1) Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis problem solving ini dibuat melalui tahap penelitian dan pengembangan dengan tingkat kelayakan baik dari uji ahli matematika, ahli media, dan sangat baik dari ahli pendidikan. (2) Pencapaian akhir disposisi matematis siswa sesudah penggunaan produk lebih baik daripada sebelum penggunaan produk. (3) Peningkatan disposisi matematis siswa sesudah penggunaan produk masuk dalam kriteria rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNindiasari, Hensi19780321200501002
Thesis advisorNovaliyosi, Novaliyosi198009242006042002
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bahan Ajar Interaktif, Disposisi Matematis, Problem Solving
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 21:55
Last Modified: 08 Sep 2022 10:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13520

Actions (login required)

View Item View Item