Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL UNTUK SISWA SMP (Suatu Penelitian Pengembangan)

DERMAWAN, ANNAS (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL UNTUK SISWA SMP (Suatu Penelitian Pengembangan). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFC APPRO2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Bahan ajar yang akan dikembangkan ini merupakan bahan ajar interaktif yang memiliki lima komponen, yaitu: mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan membuat jejaring. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini melibatkan tujuh tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Pada tahap uji coba dilakukan kepada beberapa ahli, yaitu: tiga orang ahli matematika, tiga orang ahli pendidikan, dan dua orang ahli multimedia. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 12 orang siswa SMPN 1 Kragilan yaitu penggunaan bahan ajar interaktif berbasis Scientific Approach mendapat respon yang positif dari siswa dengan total presentase akhir angket sebesar 84.17 %. Bahan ajar ini juga meningkatkan semangat siswa dalam belajar dan membuat siswa lebih paham dengan penyampaian materi yang disajikan dengan penjabaran konten�konten yang terangkum dalam ilustrasi dan juga kasus yang terdapat dalam bahan ajar

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPujiastuti, Heni198208102008012016
Thesis advisorSetiani, Yani197608212008012010
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bahan ajar interaktif, Scientific Approach, dan Penelitian Pengembangan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 21:55
Last Modified: 08 Sep 2022 09:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13514

Actions (login required)

View Item View Item