Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA KONSEP LINGKARAN UNTUK SISWA SMP (Suatu studi pengembangan)

WIRAWAN, NUGRAHA (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA KONSEP LINGKARAN UNTUK SISWA SMP (Suatu studi pengembangan). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBAGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA KONSEP LINGKARAN UNTUK SISWA .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Mengembangkan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Scientific Approach Pada Konsep Lingkapan Untuk Siswa SMP (Suatu Penelitian Pengembangan). Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2014. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya media pembelajaran matematika yang ada di sekolah serta belajar matematika jarang diminati karena tidak ada unsur hiburannya dan tuntutan kurikulum 2013. Oleh karena itu pada penelitian akan mengembangkan media pembelajaran berupa Bahan Ajar Interaktif dengan harapan bahwa selain anak dapat belejar, anak juga mendapatkan hiburan sehingga proses pembelajaran menjadi lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar interaktif Berbasis Scientific Approach sebagai sumber belajar yang menyenangkan, efektif dan efisien serta ingin mengetahui sejauhmana respon siswa setelah belajar matematika menggunakan media pembelajaran berupa Bahan Ajar Interaktif Berbasis Scientific Approach Model penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan karena akan menghasilkan sebuah produk berupa Bahan Ajar interaktif Berbasis Scientific Approach. Model pengembangannya melalui lima tahapan yaitu : mengamati, menaya, menalar, mencoba, dan menyimpulkan. Pada tahap uji produk melalui : uji ahli dilakukan kepada 3 orang ahli diantaranya : ahli media, ahli matematika, dan ahli pendidikan. Uji kelompok kecil dilakukan terhadap 6 orang siswa dan uji lapangan dilakukan terhadap 6 orang siswa SMPN 1 CIKUPA Kelas VIII Hasil penelitian yang dilakukan melalui uji ahli, uji kelompok kecil dan uji lapangan menyimpulkan bahwa : (a) merancang dan membangun bahan ajar inetraktif agar menjadi sumber belajar yang menyenangkan, efektif dan efisien adalah sebagai berikut : Animasi dan Simulasi dapat bergerak, teks bacaan jelas, materi yang ditampilkan tersusun dengan jelas dan benar, (b) Respon siswa SMPN 1 CIKUPA setelah belajar matematika (Lingkaran) dengan menggunakan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Scientific Approach adalah positif

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPujiastuti, Heni198208102008012016
Thesis advisorIskandar, Khairida197512062005012001
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Scientific Approach, Respon Siswa, Bahan Ajar interaktif
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 21:56
Last Modified: 08 Sep 2022 09:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13513

Actions (login required)

View Item View Item