Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KUALITAS TULISAN PADA PAPAN NAMA DAN REKLAME DI JALAN TAMAN UBUD-PERMATA SARI LIPO KARAWACI PERIODE 2013-2014 SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA KELAS IX SMPN 1 CURUG, KABUPATEN TANGERANG

Dwiwastuti, Endang (2014) ANALISIS KUALITAS TULISAN PADA PAPAN NAMA DAN REKLAME DI JALAN TAMAN UBUD-PERMATA SARI LIPO KARAWACI PERIODE 2013-2014 SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA KELAS IX SMPN 1 CURUG, KABUPATEN TANGERANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS KUALITAS TULISAN PADA PAPAN NAMA DAN REKLAME - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

ndang Dwiwastuti, 2322120252 "Quality Analysis Writing on Signboard and Billboard at Jalan Taman Permata Sari Ubud Period 2013-2014 as Lippo Karawaci Instructional Materials Students Class IX SMPN 1 Curug, Tangerang Regency" Thesis of Indonesian Studies Program, Graduate School, University of Sultan Ageng Tirtayasa. Language is a communication tool that is very important for humans because it is the primary capital to be able to communicate that is to speak, read, write, and expression. The quality of written language requires carefulness in the making process so that results are in accordance with the rules of the language. In accordance with the forms the nature of written language is easier to be corrected than spoken language. Written language that is produced by society must correct. Therefore, people should understand about EYD order to produce quality writing. Writings on the signboard or billboard in Jalan Taman Permata Sari Ubud-Lippo were analyzed based on the use of Enhanced Indonesian Spelling (EYD) and the explicit and implicit meanings of the 75 signboard or billboards. The purpose of this study is to gain a deep understanding of the use of enhanced with proper spelling, determining the explicit and implicit meaning properly, attempt to determine alternative as a result of a writing community signage and billboards to be qualified, and can determine an effective instructional materials for learning Indonesian especially enhanced spelling. The results of this analysis conclude that there is an error in the use of the enhanced spelling includes four aspects.Correct writing of letters only reaches 1.23% while the wrong writing of letters reaches 20.99%. The correct spelling is reaching 6.17% while 17.29% is wrong spelling. On the use of correct punctuation, 1.23% is wrong and 34.57% is correct. Any misuse of punctuation is the highest percentage of all aspects so society in particular will more notice it. Writing elemental uptake 0% is correct whereas 18.52% is wrong. This indicates that the writing of a foreign language is more dominantly used than the Indonesian. Overall the results of the majority of the writing is not correct because there are 91.37% errors in the use of enhanced Indonesian spelling and only 8.63% correct. This fact proves that people have no written language proficiency in writing especially on signboard or billboard that needs special attention from the public. Analysis explicit and implicit meanings on the signboard of billboard that generates the data that implicit meaning is 60% and the explicit meaning 40%. It is better for people to more easily understand the text.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorEdiwarman, Ediwarman196610052001121001
Additional Information: Endang Dwiwastuti, 2322120252 “Analisis Kualitas Tulisan pada Papan Nama dan Reklame di Jalan Taman Ubud-Permata Sari Lipo Karawaci Periode 2013-2014 sebagai Bahan Ajar Siswa Kelas IX SMPN 1 Curug, Kabupaten Tangerang” Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting bagi manusia karena merupakan modal utama untuk dapat berkomunikasi. Kualitas bahasa tulis memerlukan kehati-hatian dalam proses pembuatan agar hasilnya sesuai dengan kaidah bahasa. Bahasa tulis yang dihasilkan masyarakat harus benar. Oleh karena itu, masyarakat harus paham tentang EYD agar dapat menghasilkan tulisan yang berkualitas. Tulisan pada papan nama atau reklame di Jalan Taman Ubud-Permata Sari Lipo Karawaci dianalisis berdasarkan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) dan makna tersurat dan tersirat terhadap 75 papan nama dan reklame. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang penggunaan ejaan yang disempurnakan dengan tepat, menenukan makna tersurat dan tersirat dengan benar, menentukan alternatif sebagai upaya agar hasil tulisan masyarakat yang berupa papan nama dan reklame menjadi berkualitas, dan dapat menentukan bahan ajar yang efektif untuk pemelajaran bahasa Indonesia terutama ejaan yang disempurnakan. Hasil analisis ini disimpulkan bahwa masih banyak kekeliruan dalam penggunaan ejaan yang disempurnakan yang meliputi empat aspek. Penulisan huruf yang benar hanya 1,23% sedangkan yang salah mencapai 20,99%. Penulisan kata yang benar 6,17% sedangkan yang salah 17,29%. Pada penggunaan tanda baca yang benar 1,23% sedangkan yang salah 34,57%. Kesalahan ini merupakan persentase tertinggi dari semua aspek sehingga masyarakat secara khusus harus lebih memerhatikannya. Penulisan unsur serapan yang benar 0% sedangkan yang salah 18,52%. Ini menandakan bahwa penulisan bahasa asing lebih dominan dipakai daripada bahasa Indonesia. Secara keseluruhan hasil tulisan tersebut mayoritas masih salah karena terdapat 91,37% kesalahan dalam penggunaan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan dan hanya 8,63% yang benar. Kenyataan ini membuktikan bahwa masyarakat belum memiliki kemahiran dalam bahasa tulis terutama penulisan papan nama dan reklame sehingga perlu perhatian khusus dari masyarakat. Analisisis makna tersurat dan tersirat pada papan nama tersebut menghasilkan data bahwa makna tersurat lebih banyak yaitu 60% dibandingkan makna tersirat 40% sehingga masyarakat lebih mudah memahami tulisan tersebut.
Uncontrolled Keywords: EYD, Explicit and implicit meanings, and instructional material.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Apr 2022 09:04
Last Modified: 20 Apr 2022 09:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13506

Actions (login required)

View Item View Item