Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

SUNENAH, SUNENAH (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN .PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Abstract

Sunenah. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Metakognisi dan Kemampuan Awal Matematika. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2016. Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh siswa. Kemampuan metakognisi dan kemampuan awal matematika memiliki peranan penting dalam pemecahan masalah. Kemampuan metakognisi dan kemampuan awal matematika setiap siswa pastilah berbeda sehingga pemecahan masalah yang dilakukan siswa juga berbeda. Oleh karena itu diperlukan perhatian khusus terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan metakognisi, dan kemampuan awal matematika siswa. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemampuan metakognisi dan kemampuan awal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Serang tahun ajaran 2015/2016. Data yang digunakan adalah hasil tes, hasil pengisian angket, dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan metakognisi dan kemampuan awal matematika yang baik, maka akan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik. Siswa dengan kemampuan metakognisi baik dan kemampuan awal matematika tinggi, memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis pada tingkat 4, sedangkansiswa dengan kemampuan metakognisi tidak baik dan kemampuan awal matematika rendah, memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis pada tingkat 1

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiani, Yani197608212008012010
Thesis advisorSudiana, Ria198101302008121001
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Awal Matematika, Kemampuan Metakognisi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Apr 2022 06:14
Last Modified: 20 Apr 2022 06:14
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13504

Actions (login required)

View Item View Item