Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROSES PELAYANAN PEMBUATAN SURAT PERJALANAN REPUBLIK INDONESIA KHUSUSNYA E-PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS 1 JAKARTA PUSAT

Raisa Putri, Anasthasia (2014) PROSES PELAYANAN PEMBUATAN SURAT PERJALANAN REPUBLIK INDONESIA KHUSUSNYA E-PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS 1 JAKARTA PUSAT. S1 thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
Proses Pelayanan pembuatan surat Perjalanan_unlocked.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Anasthasia Raisa Putri, NIM 6661072844, Proses Pelayanan Pembuatan Surat Perjalanan Republik Indonesia Khususnya E-Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat, Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Pembimbing I, Rina Yulianti, S.IP, M.Si, Pembimbing II, Anis Fuad, S.Sos, M.Si. Kata kunci: Pelayanan Publik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Keputusan MENPAN Nomor 63 Tahun 2003 mengenai standar pelayanan. Fokus penelitian ini adalah Proses Pelayanan Pembuatan Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI) khususnya E-Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah tentang bagaimana proses pelayanan pembuatan EPaspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat dan untuk menjawab faktor-faktor apa saja yang menghambat dalam proses pelayanan pembuatan E-Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak terdapat kendala dalam proses pelayanan pembuatan E-Paspor, karena prosedur pelayanan pembuatan paspor yang dipakai masih banyak yang belum dimengerti oleh masyarakat yang membutuhkan layanan paspor. Selanjutnya belum adanya peraturan mengenai kepastian waktu penyelesaian paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat. Selain itu, kebiasaan masyarakat yang menitipkan pelayanan kepada pihak lain turut mempengaruhi lamanya waktu pelayanan. Tetapi hambatan yang muncul adalah pegawai imigrasi yang melayani pembuatan paspor masih terbatas. Sehingga ketidakpastian waktu yang tidak menentu dan terlalu lama menunggu yang kemudian membuat masyarakat tidak nyaman ketika berurusan dengan birokrasi pemerintahan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisoryulianti, rina197467052006042011
Thesis advisorfuad, anis198009082006041002
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 19 Apr 2022 14:09
Last Modified: 19 Apr 2022 14:09
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13431

Actions (login required)

View Item View Item