Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENERAPAN MODEL PERMAINAN THE BIG WIND BLOWS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

YUSUF, BAHRUDIN (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PERMAINAN THE BIG WIND BLOWS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. S1 thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
PENGARUH PENERAPAN MODEL PERMAINAN THE BIG WIND_unlocked.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK BAHRUDIN YUSUF. Pengaruh Penerapan Model Permainan The Big Wind Blows Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VIII Salah Satu SMP Negeri di Kabupaten Tangerang). Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang. 2014. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki siswa. Tidak hanya aspek kognitif, aspek afektif juga ikut menentukan keberhasilan siswa dalam belajar matematika, salah satunya adalah kemandirian belajar. Di antara beberapa pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran matematika, pendekatan yang memberi kesempatan kepada siswa untuk menumbuhkan kemampuan komunikasi matematis, belajar mandiri, dan dapat belajar aktif serta menyenangkan adalah model permainan the big wind blows. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan dan peningkatan komunikasi matematis serta kemandirian belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan model permainan the big wind blows lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP di Kabupaten Tangerang pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Sampel diambil dua kelas. Instrumen tes yang digunakan sebanyak 4 soal yang berupa uraian pada pretes dan postes serta instrumen non-tes berupa skala kemandirian belajar juga pada pretes dan postes. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan dan peningkatan komunikasi matematis serta kemandirian belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan model permainan the great wind blows lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Kata-kata Kunci: Belajar aktif, Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar, Model Permainan, The Great Wind Blow.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisornindiasari, hepsi197803212005012002
Thesis advisorfakhrudin, fakhrudin197807192010121001
Uncontrolled Keywords: Belajar aktif, Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar, Model Permainan, The Great Wind Blow.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 19 Apr 2022 12:43
Last Modified: 19 Apr 2022 12:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13416

Actions (login required)

View Item View Item