Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 20 KOTA TANGERANG

DIBYANTANTI, DIBYANTANTI (2014) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 20 KOTA TANGERANG. Master thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
PENGARU PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR_unlocked.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Dibyantanti, Nim: 2321120007 Pengaruh pendekatan pembelajaran dan gaya belajar terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas VII SMP Negeri 20 Kota Tangerang,Tesis Program Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2014. Penelitian ini bertujuan untuk implementasi pendekatan Realistik dan gaya belajar model Kolb terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi Aritmetika Sosial Dikelas VII SMP Negeri 20 Kota Tangerang pada semester I tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain treatmen by level 2X2, sampel yang terdiri dari 40 peserta didik yang dibagi menjadi empat kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 10 peserta didik. Kelompok I (A 1 B 1 ), kelompok II (A 1 B 2 ), kelompok III (A 2 B 1 ) kelompok IV (A 2 B 2 ). Variabel dalam penelitian ini adalah Pendekatan pembelajaran (X 1 ) dan gaya belajar (X 2 ), variabel terikat adalah kemampuan pemecahan masalah matematika (Y). Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes yaitu angket gaya belajar Kolb dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik Analisis yang digunakan adalah analisis ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Setelah diadakan perhitungan diperoleh T hitung = 2,714 kemudian dibandingkan dengan T tabel = 2,262, maka T hitung = 2,714 > T tabel = 2,262, sedangkan sig hitung diperoleh 0,024, jika dibandingkan dengan sig tabel α= 0,05, maka sig hitung < sig tabel. Berdasarkan kedua kriteria tersebut H 0 ditolak dan H 1 diterima. Maka terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara peserta didik yang belajar dengan pendekatan realistik dan mempunyai gaya belajar accomodator dan peserta didik yang belajar dengan pendekatan mekanistik yang mempunyai gaya belajar accomodator. (2) Setelah diadakan perhitungan diperoleh T hitung = 3,087 kemudian dibandingkan dengan T tabel = 2,262 maka T hitung = 3,087 > T tabel = 2,262, sedangkan sig hitung diperoleh 0,013, maka dibandingkan dengan sig tabel α= 0,05, maka sig hitung < sig tabel. Berdasarkan kedua kriteria tersebut H 0 ditolak dan H 1 diterima. Maka terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara peserta didik yang belajar dengan pendekatan realistik dan mempunyai gaya belajar assimilator dan peserta didik yang belajar dengan pendekatan mekanistik yang mempunyai gaya belajar assimilator. Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran matematika, gaya belajar Kolb, Kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuryadi Nomi, AhmadUNSPECIFIED
Thesis advisorYuhana, Yuyu1965140819910304
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran matematika, gaya belajar Kolb, Kemampuan pemecahan masalah matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 19 Apr 2022 11:51
Last Modified: 19 Apr 2022 11:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13406

Actions (login required)

View Item View Item