Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH OVERPROTECTION PADA APLIKASI IMPRESS CURRENT CATHODIC PROTECTION (ICCP) TERHADAP KETAHANAN COATING YANG DIGUNAKAN PADA PIPA BAJA

KUSWANDA, DEDE DITA (2015) PENGARUH OVERPROTECTION PADA APLIKASI IMPRESS CURRENT CATHODIC PROTECTION (ICCP) TERHADAP KETAHANAN COATING YANG DIGUNAKAN PADA PIPA BAJA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Pengaruh Overprotection Pada Aplikasi Impress Current Cathodic Protection (ICCP) Terhadap Ketahanan Coating Yang Digunaka~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Proteksi katodik arus tanding (Impressed Current Cathodic Protection - ICCP) merupakan suatu metode perlidungan terhadap suatu logam dari serangan korosi yang dapat digunakan bersamaan dengan metode pencegahan laju korosi lain yaitu coating. Sistem ini juga memiliki kekurangan yaitu dapat menimbulkan masalah efek interferensi arus terhadap struktur di sekitarnya, memerlukan perawatan yang lebih banyak sehingga biaya operasional akan bertambah dibanding sistem anoda korban. Sistem ini juga ketergantungan terhadap kemampuan pemasok energi (rectifier) sehingga kerusakan pada sistem ini akan berakibat fatal terhadap kinerja sistem proteksi. Suatu sistem proteksi katodik arus tanding (ICCP) yang dipasangkan dengan sistem protective coating mengalirkan arus listrik melebihi kebutuhan untuk memproteksi material yang ingin dilindungi, hal ini justru akan merusak lapisan protective coating karena besarnya tegangan potensial yang dialirkan akan mendorong partikel-partikel air atau fluida apapun yang menjadi elektrolit dalam sistem tersebut akan mengakibatkan menurunnya kemampuan rekat (adhesi) dari lapisan coating. Skripsi ini bertujuan untuk menjadi pegangan konsumen yang akan menggunakan pipa baja, dan tetap memutuskan apakah tetap menerapkan ICCP di pipa baja pada kondisi pipa yang panjang dalam sistem protective coating sehingga menyebabkan terjadinya overprotection saat terjadi fenomena atenuasi. Metode yang digunakan adalah percobaan di laboratorium selama 3 hari mengacu standard ASTM G8 dan dilakukan pengujian dengan variasi potensial proteksi sebesar -1500, -2000, 2500, -3000, -3500, dan -4000mV dan dengan variasi jenis coating : Alkyd A, Epoxy B , dan Polyurethane C. Dari hasil pengujian, diketahui bahwa semakin tinggi potensial proteksi yang diterapkan, semakin cepat pula coating breakdown yang terjadi. Selama pengujian tersebut lapisan protective coating mengalami perubahan sifat adhesi. Kata kunci : Impressed Current Cathodic Protection - ICCP, overprotection , protective coating, coating breakdown.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFitrullah, Muhammad197804142006041002
Thesis advisorWahyudin, WahyudinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Impressed Current Cathodic Protection - ICCP, overprotection , protective coating, coating breakdown.
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 19 Apr 2022 09:03
Last Modified: 19 Apr 2022 09:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13364

Actions (login required)

View Item View Item