Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UJI ZAT ANTI-SLAGGING UNTUK MENINGKATKAN ASH FUSION TEMPERATURE (AFT) BATUBARA PADA PEMBAKARAN BATUBARA SERBUK

Izzati, Dina Nur and Purwaningrum, Rahajeng Widiana (2015) UJI ZAT ANTI-SLAGGING UNTUK MENINGKATKAN ASH FUSION TEMPERATURE (AFT) BATUBARA PADA PEMBAKARAN BATUBARA SERBUK. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
UJI ZAT ABTU-SLAGGING UNTUK MENINGKATAKAN ASH FUSION TEMPERATUR (AFT)BATUBARA PADA PEMBAKARAN BATUBARA SERBUK.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Potensi slagging (pengerakan) didefinisikan sebagai kondisi dimana terdapat kecenderungan pertumbuhan kerak abu batubara yang terbentuk pada daerah radiasi. Slagging batubara akan terbentuk saat terjadinya pelelehan abu pada temperatur yang melebihi temperatur leleh abu (Ash Fusion Temperature). Slagging batubara dapat menimbulkan berbagai kerugian seperti slag. Slag dapat membentuk kerak yang tidak dapat dihilangkan dengan cara shoot blowing dan meningkatkan kecenderungan korosi serta dan mengurangi heat transfer pada pembakaran . Tujuan dalam penelitian ini adalah menentukan zat yang dapat meningkatkan ash fusion temperature pada batubara sehingga dapat mengurangi resiko timbulnya slagging pada proses pembakaran batubara bubuk. Pada penelitian ini digunakan tiga jenis batubara, yaitu batubara bukit asam, batubara adaro, dan batubara berau serta tiga jenis zat anti-slagging (sekam padi, zeolit, dan catalyst coal combustion). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pencampuran batubara menggunakan metode V-Blend dengan komposisi mixing 1 (10% ; 20% ; 70%) , mixing 2 (10% ; 30% ; 60%) serta mixing 3 (10% ; 40% ; 50%). Komposisi sampel yang memiliki AFT terendah akan digunakan untuk variasi selanjutnya dengan menambahkan zat anti-slagging. Variasi komposisi zat anti-slagging yang digunakan sebesar 2% ; 4% ; 6%. Analisa yang digunakan adalah analisa XRF dan analisa AFT menggunakan ASTM D-1857. Pada penelitian ini, mixing 1 merupakan sampel dengan AFT terendah, yaitu 1310˚C (kondisi oksidasi). Penambahan zat anti-slagging catalyst coal combustion pada mixing 1 menghasilkan peningkatan AFT paling signifikan pada konsentrasi penambahan 6%. Catalyst coal combustion dapat meningkatkan AFT dari temperatur awal 1310 C sampai dengan 1370 C atau 5.34%. Catalyst coal combustion memiliki kandungan komponen MnO 2 yang tinggi, yaitu sebesar 67.41%. Selain komponen Al 2 O 3 dan SiO 2 , komponen MnO 2 merupakan komponen yang dapat meningkatan AFT dan mencegah potensi timbulnya slagging pada ruang pembakaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIrawan, Anton197510012008011
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Batubara, Abu, Slagging, Ash Fusion Temperature,V-Blend
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 24201-Jurusan Teknik Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:31
Last Modified: 19 Apr 2022 07:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13358

Actions (login required)

View Item View Item